Kompas.com - 23/05/2021, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cicak menjadi salah satu hewan yang sering muncul di setiap rumah. Tentu saja kehadiran hewan reptil yang biasa merayap di dinding ini tak pernah diinginkan.

Meski cenderung tidak berbahaya dan beracun secara langsung, tetap saja keberadan cicak di rumah sangat mengganggu serta umumnya membuat orang geli, bahkan takut. 

Baca juga: 8 Cara Efektif Mengusir Cicak dari Rumah

Namun, perlu diingat bahwa cicak cukup berperan besar dalam kehidupan manusia. Cicak mampu menekan populasi serangga berbahaya seperti nyamuk.

Karena itu, cara terbaik membasmi cicak adalah mengusirnya, bukan meracuni atau membunuhnya. Tentunya dengan cara-cara yang aman. 

Baca juga: Cara Alami Usir Cicak dari Rumah

Nah, berikut ini cara mengusir cicak di rumah mengggunakan bahan-bahan alami dilansir dari laman Livspace, Minggu (23/5/2021).

Buat Semprotan Merica

Air lada adalah cara aman yang dapat digunakan untuk mengusir cicak di rumah. Campurkan bubuk lada hitam ke dalam air, lalu kocok dan masukkan ke botol semprot. 

Baca juga: 6 Cara Basmi Cicak di Rumah, Pakai Telur dan Bawang

Setelah itu, semprotkan larutan ke area-area yang biasa cicak muncul. Lada dapat mengiritasi kadal karena reaksi alergi yang timbul. Jadi, kemungkinan besar cicak akan menjauh dari area itu.

Letakkan Bawang Merah dan Putih

Bawang putih dan bawang merah mengeluarkan bau menyengat. Letakkan beberapa siung bawang putih mentah atau beberapa irisan bawang merah di berbagai sudut rumah. 

Baca juga: Tips untuk Menjaga Dapur agar Bebas dari Kecoak, Semut, dan Tikus

Hal ini dapat mencegah cicak muncul atau kembali ke sana. Bisa pula menambahkannya ke dalam botol semprotan berisi air untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Dengan membasmi nyamuk di rumah, secara langsung Anda mengusir cicak karena sumber makanannya telah hilang sehingga cicak tidak akan muncul ke rumah serta mencari tempat lain. 

Baca juga: Baking Soda dan 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Kecoak di Kamar Mandi

Halaman:


Video Pilihan

Sumber LivSpace
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.