Kompas.com - 22/05/2021, 08:06 WIB
Ilustrasi noda jamur di dinding. PIXABAY/KAYELLE ALLENIlustrasi noda jamur di dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur bisa muncul dan berkembang di berbagai permukaan di rumah Anda. Meskipun sudah dibersihkan, namun seringkali noda jamur masih saja terlihat.

"Jamur dapat tumbuh di dalam ruangan di area basah atau lembab yang tidak memiliki ventilasi yang memadai, termasuk dinding atau wallpaper, langit-langit, ubin kamar mandi, karpet (terutama yang memiliki alas goni), bahan isolasi, dan kayu," kata NSW Health seperti dikutip dari Home Beautiful, Sabtu (22/5/2021).

Jika kelembaban menumpuk di dalam konstruksi bangunan, maka pertumbuhan jamur akan sering terjadi. Ada banyak jenis jamur yang dapat muncul di rumah dan semuanya berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Jamur dan Lumut di Kamar Mandi

Meski demikian, bukan berarti noda jamur perlu didiamkan. Berikut cara menghilangkan noda jamur di dinding, kain, maupun karpet di rumah Anda.

1. Menghilangkan noda jamur di kain

Untuk menghilangkan noda jamur dari kain atau pakaian, campurkan satu cangkir cuka putih ke dalam ember berisi air. Rendam selama satu jam sebelum dicuci seperti biasa menggunakan suhu panas.

2. Menghilangkan noda jamur di dinding

Untuk membersihkan noda jamur dari dinding, Good Housekeeping merekomendasikan larutan pemutih klorin dan air. Adapun perbandingannya adalah satu bagian pemutih dan empat bagian air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda juga bisa menggonakan semprotan pembersih dapur atau kamar mandi yang mengandung pemutih. Pastikan Anda menguji area kecil terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Membersihkan Kamar Mandi agar Bebas Kotoran, Kerak dan Jamur

Meskipun demikian, menggunakan pemutih hanya akan menghilangkan warna dan tidak membunuh jamur.

Pakar jamur Leigh Winsor mengatakan kepada ABC Australia bahwa cara terbaik untuk menghilangkan jamur adalah dengan menggosok larutan cuka atau alkohol ke dinding.

Dia merekomendasikan delapan bagian cuka untuk dua bagian air dan kain mikrofiber.

"Jadi Anda akan memiliki tiga ember: Anda akan memiliki larutan cuka 80 persen (untuk membunuh jamur) dan Anda akan memiliki satu ember setengah konsentrasi itu (untuk membilas kain) dan kemudian Anda akan memiliki satu ember yang merupakan cukup air (untuk bilasan kedua)," jelas Winsor.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X