Kompas.com - Diperbarui 17/08/2022, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam cabai di rumah banyak dilakukan oleh pemilik rumah, tentunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Merawat tanaman cabai bukan hal yang sulit, namun perlu diingat bahwa kondisi pertumbuhan tanaman cabai kerap sulit ditebak dan peka terhadap kerusakan akibat hama.

Salah satu kerusakan yang kerap terjadi adalah daun tanaman cabai keriting. Daun cabai keriting merupakan hal umum yang terjadi pada tanaman palawija ini.

Baca juga: 5 Jamur yang Sering Menyerang Tanaman Cabai, Bisa Bikin Layu dan Mati

Ilustrasi tanaman cabai rawit. SHUTTERSTOCK/PRISPIM Ilustrasi tanaman cabai rawit.

Namun, apa sebenarnya penyebab daun cabai keriting dan cara mengatasinya? Dilansir dari Gardening Know How, yang diperbarui pada Rabu (17/8/2022), berikut penjelasannya.

1. Hama

Hama seperti kutu daun, thrips, tungau, dan lalat putih menyebabkan daun keriting atau menggulung pada tanaman cabai karena aktivitas makannya. Daun dewasa dapat menjadi berbintik-bintik, mengering, atau rontok.

Namun, daun yang dimakan selama perkembangan dapat muncul dalam kondisi keriting, bengkok, atau melengkung.

Banyak dari hama ini menghasilkan melon, yakni zat yang lengket dan manis. Anda akan melihat lapisan bahan yang bening dan berkilau.

Baca juga: Busuk Akar pada Tanaman Cabai: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Membasmi hama-hama ini cukup mudah, yakni dengan sabun insektisida atau minyak nimba. Rawat tanaman cabai Anda setiap minggu, ketika suhu ruangan di bawah 27 derajat celcius.

Saat Anda menyemprot sabun insektisida atau minyak nimba, tutupi bagian atas dan bawah semua daun dan cabang dengan seksama, sampai sabun keluar dari jaringan tanaman.

Lanjutkan pengobatan secara teratur sampai tidak ada lagi bukti hama yang tersisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.