Kompas.com - 19/05/2021, 20:47 WIB
Ilustrasi kulit jeruk SHUTTERSTOCKIlustrasi kulit jeruk

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk merupakan buah paling populer di dunia. Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini kaya akan vitamin C, kalsium, serat, karbohidrat, serta antioksidan.

Kandungan ini dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, hingga memperkuat tulang dan gigi. 

Baca juga: Makna Buah-buahan dalam Feng Shui, Jeruk hingga Nanas

Rupanya, selain buahnya, kulit jeruk juga memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk membersihkan rumah.

Melansir dari laman Home and Décor, Rabu (19/5/2021), berikut ini manfaat kulit jeruk untuk membersihkan rumah dan benda lainnya. 

Baca juga: Tips Menanam Jeruk Limau di Dalam Pot, Tidak Sulit

Membersihkan keran air dan benda baja lainnya

Minyak alami dalam kulit jeruk sangat bagus untuk menghilangkan noda dan menjaga kemilau benda bermaterial baja yang tahan karat di rumah seperti keran air.

Gosokan kulit jeruk pada keran air dan perangkat keras baja tahan karat lainnya, lalu siram menggunakan air bersih. Selain memberikan penghalang alami, minyak pada kulit jeruk membantu menjaga baja agar tahan terhadap noda air.  

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Kulit Jeruk


Menghilangkan bau kulkas

Kulkas atau lemari es tak jarang mengeluarkan bau tak sedap yang berasal dari makanan di dalamnya. Untuk mengusir bau tersebut, Anda dapat menggunakan kulit jeruk.

Caranya, potong kulit jeruk secara kecil atau bisa pula menggilingnya menjadi bubuk, lalu campurkan dengan baking soda. 

Baca juga: Selain Kesehatan, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Membersihkan Rumah

Masukkan kedua bahan dalam mangkuk dan letakkan di dalam kulkas. Kulit jeruk bertindak sebagai pewangi alami serta menjaga kulkas tetap segar.

Membersihkan lantai

Menggunakan cuka putih sebagai bagian dari larutan pembersih alami memang bagus, tetapi cuka dapat meninggalkan sedikit bau setelahnya. Untuk itu, Anda dapat menambahkan beberapa kulit jeruk ke dalam larutan cuka. 

Baca juga: Tips Membersihkan Kamar Mandi agar Bebas Kotoran, Kerak dan Jamur

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.