Kompas.com - 19/05/2021, 09:09 WIB
Ilustrasi karpet di ruang keluarga. PEXELS/VECISLAVAS POPAIlustrasi karpet di ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki fungsi sebagai elemen dekoratif, peredam suara, serta pelapis di atas permukaan lantai yang keras dan dingin, karpet banyak digunakan oleh banyak orang di dalam rumah.

Warna, pola, dan jenis material yang berbeda dapat menambahkan nuansa yang berbeda di dalam ruangan.

Meski demikian, seperti dilansir dari Seattle Times, Rabu (19/5/2021), karpet tak selamanya bisa digunakan, karena umumnya memiliki daya tahan sekitar 10 tahun.

 

Baca juga: Cara Mengeringkan Karpet yang Basah, Pakai Baking Soda

Berikut beberapa tanda-tanda jika Anda harus segera mengganti karpet.

1. Noda

Salah satu tanda karpet sudah usang atau perlu diganti adalah ketika memiliki banyak noda. Noda ini akan menetap dan tidak akan bisa dibersihkan kembali dengan cara apapun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, noda pada karpet yang menetap terlalu lama juga tidak bisa dibersihkan oleh seorang profesional di bidang ini.

2. Bau busuk

Jika Anda menyadari karpet bau busuk, kemungkinan masalahnya bukan hanya di karpet, namun juga bisa jadi di bantalan atau lantai di bawah karpet. Bagaimana Anda menangani masalah ini tergantung pada jenis baunya.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cabai pada Pakaian hingga Karpet

 

Jika hewan peliharaan adalah penyebab utama masalahnya, Anda mungkin membutuhkan penggantian karpet.

Jika Anda mencium bau apak, ini disebabkan oleh air atau jamur. Dalam hal ini, penggantian karpet mungkin diperlukan setelah tenaga profesional memeriksanya.

3. Ada kerusakan yang terlihat

Kerusakan karpet dapat berkisar dari masalah yang kecil hingga besar, seperti satu atau dua bekas terbakar, hingga masalah ekstensif seperti kerusakan akibat jamur.

Jika seluruh karpet Anda dibanjiri air kotor, atau air bersih yang banyak, akan membutuhkan waktu lama untuk mengering, dan penggantian adalah tindakan terbaik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X