Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2021, 18:08 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya noda karat pada mesin cuci menjadi salah satu permasalahan yang biasa terjadi. Hal ini disebabkan paparan air dan kelembapan yang terus-menerus terjadi saat proses mencuci. 

Noda karat yang muncul di bagian dalam mesin cuci tidak hanya dapat merusak komponen mesin cuci, tetapi juga merusak pakaian yang dicuci. 

Baca juga: Ragam Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar

Untuk mengatasi permasalahan itu, berikut ini cara menghilangkan karat pada mesin cuci, baik yang muncul di bagian dalam maupun luar mesin cuci dilansir dari beberapa sumber, Selasa (18/5/2021).

Noda karat di bagian dalam mesin cuci

Cara paling sederhana dan hemat biaya untuk mengatasi noda karat di dalam mesin cuci adalah menggunakan cuka atau air lemon

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas dengan Cuka dan Soda Kue

Keasaman yang dimiliki cuka dan lemon sangat cocok untuk memecah senyawa oksida besi yang menyebabkan karat. Cuka dan air lemon dapat melarutkan senyawa besi yang berkontribusi pada proses pengaratan.

Cara memanfaatkannya cukup mudah. Untuk lemon, masukkan dua cangkir air perasan lemon ke mesin dan jalankan siklus pencucian tanpa pakaian hingga selesai. 

Baca juga: Ketahui, 7 Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

Untuk cuka, masukkan dua cangkir cuka suling putih ke mesin cuci. Biarkan selama satu jam di dalam mesin cuci, lalu jalankan siklus pencucian penuh tanpa pakaian hingga selesai.

Jika kedua metode ini telah dicoba dan masih ditemukan noda karat pada pakaian, masalah karat mungkin tidak hanya terletak di dalam mesin cuci, tetapi juga pipa air.

Ini terutama berlaku untuk rumah tangga yang menggunakan pipa besi galvanis. Jika ada karat di dalam pipa yang memasok air ke mesin cuci, segera mengganti pipa tersebut. 

Baca juga: 4 Tips Merawat Mesin Cuci agar Tetap Awet

Noda karat di bagian luar mesin cuci

Jika ada noda karat di bagian luar mesin cuci, sangat penting menghilangkannya karena bisa saja noda meresap ke bagian dalam mesin.

Caranya, campurkan baking soda dan cuka hingga membentuk pasta dan tempelkan pada area mesin cuci yang terdapat noda karat. 

Baca juga: 8 Jenis Pakaian yang Rusak jika Dimasukkan ke Pengering Mesin Cuci

Untuk menghilangkan karat pada bahan krom, coba gosok dengan aluminium foil atau kertas amplas besi secara perlahan pada bagian yang terkena karat, lalu bersihkan.

Tindakan tambahan yang perlu dilakukan

Langkah-langkah di atas dapat menghilangkan lapisan atas karat, tetapi tidak menjamin menghilangkan karat sepenuhnya. 

Baca juga: 8 Benda Ini Ternyata Bisa Dibersihkan dengan Mesin Cuci, Apa Saja?

Karena karat adalah musuh pada material besi maupun logam, coba gunakan semprotan WD-40 di area yang terkena karat dan bersihkan. Ini akan memastikan semua korosi hilang dari bagian luar atau dalam mesin cuci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com