Kompas.com - 18/05/2021, 11:29 WIB
Ilustrasi membersihkan keramik kamar mandi. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan keramik kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah area paling lembab di rumah atau apartemen Anda. Maka dari itu, tidak mengherankan jamur dan lumut kerap muncul dan berkembang, baik di lantai, dinding, dan permukaan lainnya di kamar mandi.

Namun, jangan khawatir. Sebenarnya menghilangkan jamur dan lumut di kamar mandi bukan hal yang sulit.

Dilansir dari Home Beautiful, Selasa (18/5/2021), ada beberapa cara mudah menghilangkan jamur dan lumut di kamar mandi. Pertama, lakukan dulu langkah-langkah pencegahan munculnya jamur dan lumut.

Baca juga: Murah Meriah, DIY Membuat Pewangi Kamar Mandi dengan Sabun Batang

Salah satunya, Anda perlu memastikan kamar mandi memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain jendela atau ventilasi, Anda dapat memasang exhaust fan di kamar mandi.

Kemudian, pastikan drainase di kamar mandi mengalir dengan baik, yakni melalui talang, pipa, maupun parit. Di samping itu, pastikan tidak ada genangan air di kamar mandi dalam jangka waktu lama.

Apabila jamur dan lumut sudah tumbuh dan berkembang di kamar mandi, berikut cara menghilangkannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Minyak pohon teh atau minyak cengkeh dan air

Kombinasi ini biasanya merupakan metode paling efektif untuk menghilangkan jamur secara alami. Tambahkan 15 tetes minyak pilihan Anda ke dalam botol semprot.

Baca juga: Pakai Cara Ini, Wastafel Kamar Mandi Lebih Bersih

Semprotkan ke area berjamur dan biarkan selama dua jam, semprotkan sedikit lagi, bersihkan.

2. Cuka putih

Bahan ini dikatakan membunuh sekitar 82 persen koloni jamur. Jadi, jika karena alasan tertentu Anda tidak suka menggunakan minyak cengkih atau minyak pohon teh dan menginginkan hasil terbaik berikutnya, cuka cocok untuk Anda.

Cukup masukkan sedikit cuka ke dalam botol semprot, semprotkan, biarkan selama satu jam, lalu bersihkan dengan air hangat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X