Kompas.com - 18/05/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi listrik ShuterstockIlustrasi listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketergantungan masyarakat terhadap listrik terus meningkat, terlebih pada masa pandemi virus corona.

Kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan belajar online secara tidak langsung memicu peningkatan penggunaan listrik. 

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Periksa 7 Peralatan Elektronik Ini

Akibatnya, tagihan listrik melonjak tajam dari bulan-bulan sebelum adanya pandemi. Hal ini pun kini banyak dikeluhkan orang.

Ditambah lagi, cuaca panas akhir-akhir ini membuat orang memilih menghabiskan waktu di rumah dengan bersantai sambil menyalakan AC. Lagi-lagi, hal ini bisa membuat tagihan listrik melonjak. 

Baca juga: 5 Kebiasaan di Rumah yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Sebetulnya, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik. Melansir dari laman Home and Decor, Selasa (18/5/2021), berikut ini tips menghemat tagihan listrik di rumah. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasang Kit Hemat Air

Menghemat jumlah air yang digunakan di rumah tidak hanya baik bagi lingkungan, tetapi juga dapat menghemat tagihan air Anda. 

Baca juga: Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman untuk Tidur Sekaligus Hemat Listrik

Berdasarkan PUB—Badan Air Nasional Singapura—Anda dapat mengurangi tagihan listrik hingga lima persen dengan kit atau perangkat hemat air. 

Bersihkan Filter AC Secara Teratur

Filter air conditioner yang tersumbat kotoran menyulitkan udara dingin keluar dan membuat AC akan menggunakan lebih banyak energi untuk mendinginkan ruangan ke suhu yang telah Anda setel. 

Baca juga: 6 Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Untuk itu, rutin membersihkan filter AC setiap satu atau dua bulan sekali dan menyetel pengatur waktu guna mematikan AC pada tengah malam demi menghemat lebih banyak energi.

Jika cuaca tidak terlalu panas, gunakan kipas angin untuk membantu menghemat tagihan listrik. 

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Listrik di Rumahmu Padam

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X