Kompas.com - 14/05/2021, 16:58 WIB
Ilustrasi pindah rumah. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi pindah rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Lebaran, biasanya sebagian orang akan memulai merealisasi rencana-rencana baru, salah satunya pindah rumah. Pindah ke rumah baru yang sudah resmi menjadi hak milik adalah hal menyenangkan.

Namun, proses pindahan ini tak jarang sangat merepotkan, melelahkan, bahkan bisa memakan waktu lama. Misalnya, saat mengemas barang-barang. Proses ini bakal sangat menguras tenaga dan membingungkan. 

Baca juga: Baru Pindah Rumah? Ini Cara Menyesuaikan Furnitur dan Barang Lama

Pasalnya, Anda harus mengeliminasi barang-barang mana yang hendak dibawa serta ditinggalkan. Namun, kenyataannya sering kali kebanyakan mereka yang pindah rumah justru membawa semua barang daripada meninggalkanya meski benda tersebut sebenarnya juga sudah tidak digunakan lagi.

Padahal, pindah rumah adalah waktu yang tepat untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan atau yang sudah usang. 

Baca juga: Pindah ke Apartemen? Ini 8 Hal yang Perlu Dilakukan

Nah, berikut ini lima barang yang tidak perlu dibawa saat pindah rumah menurut para ahli desainer interior dilansir dari laman The Spurce, Kamis (13/5/2021). 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karya Seni yang Sudah Buruk

Karya seni favorit selalu menjadi barang prioritas dan memiliki tempat untuk dibawa ketika pindahan.

Pamela O’Brien, desainer interior dari Pamela Hope Designs, mengatakan semua karya seni yang bagus dan favorit menjadi benda yang selalu dibawanya ketika pindahan serta mudah menemukan ruang yang tepat untuk diletakkan di rumah baru.

Baca juga: Ide Hadiah untuk Seseorang yang Baru Pindah Rumah

Namun, O'Brien menyarankan tidak membawa karya seni yang kondisinya sudah pudar, tidak menarik, serta tidak penting. "Ini adalah item yang harus dilepaskan sekali dan untuk selamanya. Tidak perlu membawa semua ini, kecuali jika nilainya luar biasa, sentimental, atau sebaliknya." 

Karpet yang Tidak Terpakai 

Sama dengan karya seni, karpet juga boleh dibawa ke rumah baru, asalkan kondisinya masih layak. Namun, bila kondisinya sudah buruk dan tidak bisa digunakan lagi, sebaiknya ditinggalkan saja di rumah lama. 

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Furnitur Kayu di Rumah

Hal ini tentu akan meringankan barang-barang bawaan saat pindah. “Jika memiliki karpet yang bagus, Anda dapat menyimpannya seumur hidup. Berpisah dengan benda-benda yang sudah rusak seharusnya tidaklah sulit,” ucap O’Brien. 

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X