Kompas.com - 14/05/2021, 16:18 WIB
Ilustrasi merawat tanaman hias, pot tanaman. SHUTTERSTOCK/GORILLAIMAGESIlustrasi merawat tanaman hias, pot tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman bisa dilakukan di tanah langsung seperti di taman atau menggunakan wadah pot. Merawat tanaman di dalam pot kini banyak dipilih sebagai solusi bagi mereka yang memiliki lahan terbatas.

Ada banyak jenis pot tanaman, salah satunya pot terakota. Dilansir dari Hunker, Jumat (14/5/2021), pot terakota atau tanah liat tradisional lebih disukai pencinta tanaman karena wadahnya yang indah. 

Baca juga: Simak, Panduan Mengganti Pot Tanaman Hias

Pot ini berpori alami tanpa glasir dan dapat menyerap kelembapan tanah. Hal ini dapat membantu mengurangi penyiraman. Namun, sisi negatifnya, pot terakota menyerap pupuk, garam, dan bahan kimia lainnya yang ditemukan di dalam air keran.

Selain itu, saat kelembapan menguap, residu putih kapur akan tertinggal di pot dan menyebabkan noda putih. Noda putih ini merupakan akumulasi kalsium, garam, dan bahan kimia dari air. 

Baca juga: Tanaman Mati Setelah Dipindahkan ke Tanah atau Pot? Ini Penyebabnya

Meski tidak beracun atau berbahaya, residu putih ini harus segera dibersihkan karena pot yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biak bagi hama dan jamur, yang dapat berdampak buruk bagi tanaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka itu, pot tanaman terakota harus dibersihkan secara menyeluruh. Berikut ini cara membersihkannya. 

Baca juga: Bisakah Menanam Bunga Matahari di Dalam Pot? Ini Penjelasannya

Kosongkan Pot

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah mengosongkan pot. Pindahkan tanah dan tanaman ke wadah lain, lalu bilas gumpalan tanah atau lainnya yang tersisa di bagian dalam pot. 

Gunakan Cuka Putih 

Kemudian, isi ember atau bak plastik dengan campuran satu cangkir cuka putih dan tiga cangkir air sampai cairan cukup untuk merendam pot terakota sepenuhnya. 

Baca juga: Tanaman Indoor Mini yang Menggemaskan

Jika hanya ingin membersihkan bagian dalam pot, tutup semua lubang pembuangan dan isi dengan campuran air cuka. Setelah itu, biarkan pot terendam selama 20-30 menit. 

Gosok Pot 

Jika residu putih tidak hilang, gunakan campuran soda kue atau baking soda dan air, kemudian gosok pot menggunakan spons hingga hilang. 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari di Media Pot

Halaman:


Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X