Kompas.com - 14/05/2021, 11:42 WIB
Ilustrasi menanam bawang putih. SHUTTERSTOCK/JEEPFOTOIlustrasi menanam bawang putih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dapat memberikan udara segar dan memurnikan udara, berbagai tanaman juga bisa dimanfaatkan saat musim panen, seperti sayuran.

Bahkan, dengan menanam sayuran di halaman rumah, Anda dapat menggunakannya saat dibutuhkan.

Dilansir dari Housemate Beautiful, Jumat (14/5/2021) untuk menanamnya, Anda dapat memanfaatkan sisa sayuran dengan baik dan tanpa biaya tambahan. Berikut sayuran yang dapat ditanam dengan memanfaatkan sayuran sisa di dapur dan cara menanamnya.

Baca juga: 4 Pilihan Pot untuk Tanaman Sayuran

Ilustrasi selada, menanam selada. PIXABAY/MAXMANN Ilustrasi selada, menanam selada.

1. Selada

Daripada membuang sisa makanan Anda ke tumpukan kompos, Anda dapat menanam kembali di kebun rumah. Untuk menanam selada, Anda membutuhkan waktu sekitar dua-tiga minggu, berikut cara menanamnya. 

Pertama, tempatkan batang selada di wadah berisi air dan pastikan air tidak menutupi lebih dari dua pertiganya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tinggalkan di tempat yang cerah dengan banyak cahaya. Jendela dapur menjadi tempat yang baik untuk meletakkan selada ini.

Awasi airnya dan pastikan untuk menggantinya secara teratur.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Sayuran di Dalam Pot

Jika Anda memiliki ruang di taman atau di balkon, pindahkan selada ini ke tanah untuk pertumbuhan yang lebih baik. Bila Anda tidak dapat melakukannya, meletakkan di ambang jendela juga akan berfungsi dengan baik.

Setelah tumbuh, pastikan Anda memotong dari daun terluar dan menyisakan sedikit inti dalam alih-alih memetik seluruh kepala selada. Ini akan memastikannya terus tumbuh lagi dan lagi.

2. Daun bawang

Menanam daun bawang sebenarnya sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah segelas air dan tempat cerah.

 

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X