Kompas.com - 13/05/2021, 06:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat kamar tidur nyaman dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya mendekorasinya sesuai dengan keinginan. Namun, ada hal yang harus diperhatikan dalam mendekorasi kamar tidur seperti pemilihan warna hingga tata letak furnitur.

Hal ini agar tidak salah dan menyebabkan ketidaknyamanan saat berada di dalam kamar tidur. Dilansir dari Apartment Therapy, Kamis (13/5/21) masih ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mendekorasi kamar tidur yang harus dihindari sebagai berikut. 

Baca juga: 7 Panduan Feng Shui untuk Meningkatkan Energi Positif di Kamar Tidur

Warna Dinding Terlalu Terang 

Kamar tidur harus menjadi tempat perlindungan dengan rangsangan rendah, tidak bergetar dan energik sehingga dapat beristirahat dengan nyaman. Untuk suasana lebih menenangkan, gunakan warna yang lebih lembut. Hindari menggunakan warna terang karena dapat mempengaruhi kualitas tidur. 

Karpet Terlalu Kecil 

Untuk memberikan rasa nyaman di permukaan lantai yang keras, karpet bisa menjadi solusinya. Namun, sebagian orang salah dalam memilih ukuran karpet untuk di dalam kamar. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Kamar Tidur Simpel dan Nyaman

Ukuran karpet yang benar adalah tidak terlalu kecil dan setidaknya dua kaki depan furnitur berada di atas karpet tersebut sehingga dapat memberikan kesan lebih luas pada ruangan. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tempat Tidur Terlalu Besar 

Ukuran tempat tidur yang terlalu besar akan membuat Anda kekurangan ruang berjalan dan ruang penyimpanan. Selain itu, rangka tempat tidur yang besar dapat membuat kamar tidur tampak sempit meskipun sebenarnya tidak. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah dan Cepat Membersihkan Kamar Tidur yang Berantakan

Tata Letak Memblokir Sumber Cahaya Alami 

Setiap kali meletakkan sesuatu di depan jendela, dapat menyebabkan cahaya alami tidak bisa masuk dengan sempurna ke dalam kamar. Untuk itu, hindari meletakkan furnitur di depan jendela. 

Tempat Tidur Terlalu Pendek 

Tempat tidur yang terletak lebih tinggi dari lantai cenderung terasa sedikit lebih megah. Selain itu, mengangkat tempat tidur dari lantai adalah cara yang bagus untuk membuka ruang penyimpanan. 

Baca juga: Simak, Ini Posisi Terbaik Meletakkan Tempat Tidur

Anda dapat memilih rangka tempat tidur yang dilengkapi dengan laci built-in atau menggunakan kotak untuk menyimpan barang berlebih di bawah rangka tempat tidur.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X