Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2021, 17:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain hama, ada beragam masalah lain yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman, salah satunya busuk akar. Busuk akar bisa terjadi pada tanaman yang diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Penyebab, jamur di dalam tanah.

Dilansir dari HomeGuides, Rabu (12/5/2021), busuk akar adalah penyakit yang ditularkan melalui tanah dan paling sering menjadi masalah bagi tanaman di lingkungan pertumbuhan yang buruk seperti drainase yang buruk, kepadatan berlebih, dan sinar matahari yang tidak memadai. 

Baca juga: Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar agar Tidak Layu atau Busuk

Belajar mengenali gejala busuk akar dan membuang tanaman yang terserang dapat membantu mencegah penyebaran jamur ke tanaman yang sehat.

Berikut ini beberapa tanda, penyebab, dan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi busuk akar pada tanaman. 

Baca juga: Tanaman Alami Kebusukan Akar? Begini Cara Mengatasinya

Busuk Akar pada Tanaman Luar Ruangan

Tanaman luar ruangan yang terkena busuk akar dapat menunjukkan banyak gejala berbeda, di antaranya daun yang kusam serta dedaunan menguning dan layu. Perubahan daun dapat terjadi seiring waktu atau terjadi dengan cepat, tergantung pada tanamannya.

Akar yang terkena tampak coklat dan terasa lembek dan jaringan akar luar mudah ditarik dari jaringan dalam. 

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaktus di Dalam Ruangan agar Tidak Busuk dan Mati

Busuk Akar pada Tanaman Dalam Ruangan

Busuk akar juga dapat dialami tanaman di dalam ruangan. Gejala yang ditunjukkan daun yang terus layu meski rutin disiram serta klorosis daun bagian bawah dan daun gugur. Begitu pun akar yang terkena akan berwarna cokelat dan lembek, bukan putih dan keras.

Selain itu, jamur busuk akar memasuki tanaman melalui akar pengumpan kecil dan dapat menyebar dengan cepat sehingga dapat membunuh tanaman dalam tujuh hingga 10 hari. Beberapa tanaman hias seperti pothos, begonia, dan violet Afrika lebih rentan terhadap busuk akar. 

Baca juga: Ini Trik Menanam Daun Bawang Tanpa Busuk Akar

Penyebab Busuk Akar

Drainase yang buruk, kepadatan berlebih, sinar matahari yang tidak memadai dan penyiraman yang berlebihan paling sering menyebabkan busuk akar, baik tanaman di dalam maupun luar ruangan. Akar yang terendam air selama berjam-jam paling rentan terhadap jamur penyebab busuk akar.

Dua jamur busuk akar yang paling umum adalah Pythium dan Phytophthora. Jamur ini aktif di tanah antara 18 dan 26 derajat Celsius, tetapi dapat tertidur di tanah pada suhu yang lebih dingin. 

Baca juga: Akar Tanaman Alocasia Busuk? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Cara Mengatasi 

Untuk mencegah busuk akar, tanam tanaman di tanah yang memiliki drainase baik dan jangan terlalu banyak air. Periksa pembibitan untuk varietas tahan dalam dan luar ruangan. Tanaman yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari juga rentan terhadap pembusukan akar.

Untuk tanaman luar dan dalam ruangan, buang dan hancurkan cabang yang terkena busukakar atau tanaman mati untuk membantu mencegah penyebaran penyakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber home guide
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com