Kompas.com - 12/05/2021, 17:19 WIB
Saffron crocus. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp22-28 juta dan menjadi salah satu bunga termahal di dunia. ShutterstockSaffron crocus. Bunga ini dibandrol dengan harga Rp22-28 juta dan menjadi salah satu bunga termahal di dunia.

KOMPAS.com - Bunga saffron merupakan jenis tanaman rempah-rempah termahal di dunia yang dijual seharga Rp 7 juta hingga Rp 70 juta per 450 gram.

Mengapa bunga saffron dijual mahal? Salah satu alasan yang memengaruhinya ialah cara panen dengan sistem padat karya, sehingga biaya produksinya lebih mahal.

Selain biaya produksinya mahal, saffron juga memiliki khasiat serta manfaat yang baik untuk tubuh. Maka tak heran jika banyak orang memburu bunga saffron sebagai pengobatan maupun kecantikan.

Baca juga: Hoya, Tanaman Rambat yang Memiliki Bunga Cantik Seperti Lilin

Saffron dipanen dari bunga crocus sativus atau saffron crocus. Kata 'saffron' merupakan istilah yang dipakai untuk struktur bunga atau kepala putik yang menyerupai benang.

Lalu, apa saja manfaat bunga saffron? Melansir dari Healthline pada Rabu (12/5/2021), berikut ini manfaat bunga saffron untuk kesehatan hingga kecantikan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Antioksidan

Saffron mengandung berbagai senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan yakni crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Crocin dan crocetin adalah pigmen karotenoid dan bertanggung jawab atas warna merah yang ada pada saffron. Tak hanya itu, kedua senyawa ini juga memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan hingga membantu penurunan berat badan.

Baca juga: 6 Tips Mudah agar Bibit Bunga Adenium Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit

2. Dapat Memperbaiki Mood dan Mengobati Gejala Depresi

Saffron memiliki julukan 'sunshine spice', bukan karena warannya yang menyerupai cahaya matahari, tapi juga khasiatnya dalam mencerahkan suasana dan memperbaiki mood.

Selain itu, saffron juga bisa mengobati gejala depresi ringan hingga sedang. Dalam tinjauan terhadap lima penelitian, suplemen saffron secara signifikan lebih efektif daripada plasebo dalam mengobati gejala depresi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X