Kompas.com - 12/05/2021, 13:25 WIB
Ilustrasi atap rumah Unsplash/Jacques BoppIlustrasi atap rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal bangunan sebuah rumah mungkin ada banyak hal yang menjadi pertanyaan bagi sebagian penghuninya, terlebih mereka yang awam. Salah satunya, mengenai bentuk atap rumah.

Umumnya, atap sebuah rumah berbentuk segitiga. Bentuk ini juga banyak diterapkan pada model-model rumah di Indonesia. 

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Genteng yang Biasa Digunakan Sebagai Atap Rumah

Pernahkah terpikirkan mengapa atap rumah berbentuk segitiga? Apakah konstruksinya harus demikian?

Dikutip dari 855 Lysters, Rabu (12/5/2021), atap rumah berbentuk segitiga itu disebut sebagai atap pelana dan merupakan salah satu gaya dari banyak atap rumah.

Atap pelana dapat dikenali secara khusus dengan pertemuan dua lereng lurus dari tepi atap yang menurun ke bawah sehingga membentuk seperti segitiga. 

Baca juga: 6 Jenis Keramik yang Banyak Digunakan untuk Lantai Rumah

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Struktur berbentuk segitiga itu bisa dibuat di samping atau menghadap ke depan, mengikuti tampak depan bangunan rumah.

Karena bentuknya yang segitiga itu, memungkinkan air hujan, dedaunan, debu, dan benda lainnya yang menimpa atap akan terjatuh dengan mudah dari atap. 

Dalam dunia bangunan, atap pelana disebut sebagai model awal untuk bentuk atap rumah yang aman dan sederhana. Atap model ini cocok untuk berbagai desain rumah.

Baca juga: Penting untuk Membersihkan Atap Rumah Secara Rutin, Begini Caranya

Bagian puncak yang curam membuat atap pelana berbeda satu sama lain. Tujuan utamanya melindungi atap dari air yang dapat merusak atap. 

Atap pelana lebih mudah membuang air saat terjadi hujan deras sehingga tidak muncul genangan yang bisa mempengaruhi struktur.

Halaman:


Sumber 855lysters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X