Kompas.com - 11/05/2021, 18:21 WIB
Ilustrasi panci. SHUTTERSTOCK/ERSLER DMITRYIlustrasi panci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan kuman dan bakteri, bahan kimia berbahaya bisa ada di mana saja, termasuk pada benda-benda di rumah. Bahkan, tanpa disadari barang-barang itu kita sentuh atau gunakan setiap harinya.

Meski telah melakukan tindakan pencegahan ekstra dengan rutin membersihkan barang-barang tersebut, nyatanya tidak bersentuhan dengan benda tersebut sulit dihindari. 

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Udara Bersih di Dalam Rumah Tanpa Bahan Kimia

Bahan kimia ini bahkan bisa menjadi racun bila menempel atau terkena tubuh, yang akhirnya dapat berisiko buruk bagi kesehatan. Lantas, barang-barang apa saja?

Berikut ini enam benda di rumah yang bisa mengancam kesehatan atau mendatangkan penyakit dilansir dari Reader Digest, Selasa (11/5/2021).  

Baca juga: 5 Bahan Kimia yang Sebaiknya Dikurangi dalam Rutinitas Pembersihan 

Peralatan Masak Antilengket

Adam S. Gropper, ahli radiologi diagnostik & intervensional bersertifikat asal Amerika Serikat, menjelaskan lapisan antilengket pada peralatan masak dapat meleleh bila terlalu panas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lapisan aluminium ini sangat berbahaya bagi tubuh bila tertelan karena telah dikaitkan dengan penyakit alzheimer dan beberapa jenis kanker. Untuk itu, Adam menyarankan mengganti peralatan masak antilengket bila sudah mengelupas atau terkelupas.

Semprotan Serangga

Meski ampuh mencegah beberapa gigitan serangga, Alexea M. Gaffney-Adams, dokter spesialis penyakit menular dan asisten profesor klinis, mengatakan beberapa komposisi dari semprotan serangga mengandung organofosfat–senyawa organik yang mengandung fostat–yang dipakai sebagai pestisida.

Selain itu, juga mengandung herbisida, agen saraf, dan agen kimia. “Senyawa ini mudah diserap melalui kulit dan terhirup. Mereka meracuni serangga—dan manusia— dengan mengganggu neurotransmiter yang diperlukan untuk fungsi tubuh.” 

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengharumkan Ruangan, Tanpa Bahan Kimia

Ia menambahkan, komposisi ini dapat mempengaruhi pernapasan dan fungsi otot serta menyebabkan kolaps kardiovaskular dan kematian dalam jumlah besar.

“Paparan yang berkepanjangan—seperti pada petani— telah dikaitkan dengan penyakit jantung, paru-paru, gangguan memori, refleks yang buruk atau tertunda, serta kanker," katanya. 

Baca juga: 8 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Dapur, Bisa Usir Racun di Udara

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X