Kompas.com - 11/05/2021, 11:42 WIB
Ilustrasi kamar tidur remaja. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar tidur remaja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak orang, tempat favorit di rumah adalah kamar tidur. Bagaimana tidak, kamar tidur merupakan tempat di mana kita bisa beristirahat melepas penat.

Namun, bagaimana jika kamar tidur sempit alias berukuran kecil? Bisa jadi kamar tidur tidak lagi nyaman dan menenangkan karena akan lebih cepat berantakan.

Oleh sebab itu, perlu kecermatan dalam menata kamar tidur sempit agar tetap menjadi tempat istirahat yang nyaman, di mana Anda selalu menantikan waktu tidur di malam hari.

Baca juga: 8 Cara Ciptakan Kamar Tidur Estetik Tanpa Bikin Kantong Jebol

Dilansir dari Martha Stewart, Selasa (11/5/2021), menata kamar tidur sempit sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Berikut beberapa tips dari para ahli untuk membantu Anda menata kamar tidur sempit dalam waktu singkat.

1. Tambahkan ruang penyimpanan multiguna

Meskipun luasnya terbatas, kamar tidur sempit masih memiliki banyak potensi penyimpanan. Anda bisa memanfaatkan ruang yang ada dengan menggunakan furnitur multiguna yang juga berfungsi sebagai ruang penyimpanan.

"Tempat tidur dengan laci di sepanjang alasnya, dapat menyediakan penyimpanan ekstra tanpa memerlukan ruang lantai ekstra," kata Sharon Lowenheim, penata rumah profesional bersertifikat, anggota dewan National Association of Productivity and Organizing Professionals (NAPO), serta pendiri dari Organizing Goddess.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Alternatif lain adalah kotak penyimpanan di bawah tempat tidur. Saya merekomendasikan yang beroda," imbuh Lowenheim.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Menata Kamar Tidur Ukuran 3x3 Bergaya Korea

Saat membeli furnitur, pikirkan juga aksesori kamar tidur yang dapat menambah ruang penyimpanan. Lowenheim menyebut, meja ujung dengan laci akan menyimpan semua yang Anda butuhkan di samping tempat tidur.

Menurut Ashley Murphy dan Marissa Hagmeyer, pendiri NEAT Method, Anda masih bisa memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur untuk menyimpan barang-barang, seperti pakaian usang atau seprai.

"Ingat saja untuk memilih tempat yang serasi dengan estetika ruangan, agar tidak terlihat semrawut," sebut mereka.

Anda juga dapat mencoba pembagi laci untuk memberi batas pada laci Anda antara pakaian dalam dan kaus. Ini merupakan langkah penting dalam menata kamar tidur sempit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X