Kompas.com - 10/05/2021, 21:03 WIB
Ilustrasi dekorasi ruangan Unsplash/Jon'Nathon StebbeIlustrasi dekorasi ruangan

Ilustrasi dekorasi ruangan Unsplash/Jon'Nathon Stebbe Ilustrasi dekorasi ruangan
Ilustrasi dekorasi ruangan Unsplash/Jon'Nathon Stebbe Ilustrasi dekorasi ruangan
JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah dengan desain atau dekorasi yang cantik, tertata rapi, bahkan mewah tentu menjadi keinginan banyak orang. Sayangnya, mewujudkan keinginan tersebut tidaklah mudah.

Bahkan keinginan tersebut tak jarang batal karena terbenturnya biaya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendekorasi rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit sekali pun menginginkan dekorasi yang sederhana. 

Baca juga: Ingin Rumah Mudah Dibersihkan? Terapkan 4 Dekorasi Ini

Sebab, biaya yang diperlukan bukan hanya untuk membeli material yang dibutuhkan, tapi juga membeli furnitur baru atau tambahan serta membayar ongkos jasa desainer interior. Setidaknya Anda perlu menyiapkan anggaran puluhan juta untuk biaya itu semua.

Namun, tak perlu khawatir, ada banyak cara mengubah dekorasi rumah menjadi tampak mewah dengan minim biaya. Berikut ini lima ide dekorasi ruangan dengan minim biaya dilansir dari laman Homes to Love, Senin (10/5/2021). 

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Dekorasi Ini agar Rumah Tidak Berantakan

Lampu Dinding 

Pencahayaan menjadi salah satu faktor penting dalam dekorasi ruangan. Namun, pencahayaan berlebihan di rumah adalah ide yang sangat buruk, kecuali dapur.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencahayaan yang terlalu banyak tentu dapat membuat ruangan terasa panas dan tidak ramah. Lebih dari itu, membuat Anda mengeluarkan banyak biaya untuk dekorasi dan menaikkan tagihan listrik di rumah. 

Baca juga: 9 Tren Dekorasi Rumah yang Mulai Usang, Sebaiknya Ditinggalkan Saja

Karena itu, gunakan pencahayaan secukupnya dan sekreatif mungkin agar dekorasi ruangan tampak cantik. Untuk menghemat biaya, menggunakan lampu dinding menjadi pilihan tepat.

Selain itu, beberapa lampu dinding yang ditempatkan dengan tepat dapat menambah estetika ruangan, membangkitkan mood, dan menghilangkan rasa panas yang dihasilkan oleh lampu downlight. Kamu bisa menerapkan lampu ini di ruang keluarga atau ruang tamu. 

Baca juga: 7 Tren Dekorasi Rumah yang Bikin Kamu Menyesal dalam 5 Tahun ke Depan

Lantai Berukuran Besar

Lantai menentukan warna keseluruhan rumah, jadi penting memilih lantai rumah yang tepat dan tentunya minim biaya.

Untuk lantai kamar mandi, biasanya menggunakan ubin atau keramik berukuran kecil. Padahal, selain membuat kamar mandi terlihat mewah dan lebih luas, memakai ubin berukuran besar dapat menghemat banyak biaya tenaga kerja karena tidak banyak harus memotong keramik. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ramadan yang Akan Mempercantik Rumah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X