Kompas.com - 10/05/2021, 12:37 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUUIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai adalah tanaman anggota genus Capsicum yang sangat penting dan banyak digunakan sebagai bumbu masak untuk berbagai jenis hidangan.

Banyak orang Indonesia tidak bisa lepas dari cabai saat mengonsumsi makanan. Bahkan, masyarakat di Sumatera Barat menganggap cabai adalah bagian dari makanan pokok. 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Tangan Panas Akibat Terkena Cabai

Tak heran, banyak orang yang menyetok cabai di rumah mereka demi memenuhi kebutuhan memasak sehari-hari. Apesnya, kebanyakan cabai yang distok mengalami pembusukan lebih cepat. Akibatnya, cabai terbuang secara percuma.

Lantas, bagaimana cara menyimpan cabai agar bisa bertahan lama dan tidak mudah busuk Dikutip dari kanal YouTube Phesi Esterju, Senin (10/5/2021), berikut ini cara menyimpan cabai agar tahan lama, bahkan hingga dua bulan.  

Baca juga: 5 Cara Mudah Menanam Cabai Dalam Ruangan

Pilih yang Benar-Benar Segar

Demi menyimpan cabai lebih tahan lama, pilih cabai yang benar-benar segar untuk disimpan. Pisahkan cabai segar dan yang layu. Sebaiknya, gunakan cabai yang layu terlebih dulu ketika memasak. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jangan Cuci Cabai

Cabai yang baru dibeli dan rencananya akan disimpan jangan dicuci terlebih dahulu. Sebab, hal ini bisa mempengaruhi cabai cepat layu dan tidak bertahan lama. Sebaiknya, cuci cabai saat akan digunakan untuk memasak. 

Baca juga: Tak Punya Pekarangan? Coba Tanam Cabai di Dalam Ruangan

Potong Bagian Atas Tangkai Cabai

Sebelum disimpan, potong bagian atas tangkai cabai. Ingat, potong bagian atas tangkai cabai dan sisakan sedikit tangkai di bawahnya. Sebab, apabila tangkai cabai terpotong semuanya, hal tersebut malah bisa membuatnya cepat layu. Setelah itu, simpan cabai ke dalam wadah kedap udara atau stoples.

Gunakan Pengawet Alami

Untuk membantu cabai yang disimpan bisa lebih awet hingga dua bulan, berikan pengawet alami dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih bersifat antibakteri sehingga cabai tidak mudah busuk dan rasa pedasnya tetap terjaga. 

Baca juga: 8 Tips Menanam Cabai Rawit agar Hasil Melimpah

Siapkan beberapa siung bawang putih, lalu kupas kulitnya terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan bawang putih ke stoples yang berisi cabai. 

Simpan Dalam Kulkas

Simpan cabai dalam stoples ke kulkas. Hindari menyimpanya di freezer karena dapat membuat cabai berair dan busuk. Dengan melakukan cara sederhana ini, cabai yang disimpan bisa bertahan lama hingga dua bulan. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X