Kompas.com - 07/05/2021, 17:38 WIB
Ilustrasi kamar mandi. PEXELS/CHRISTA GROVERIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi area yang memiliki kelembapan paling tinggi di rumah. Tak heran, membuat kamar mandi kerap memunculkan bau tak sedap meski telah dibersihkan secara rutin.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (7/5/2021), penumpukan bakteri dan kuman akan lebih cepat terjadi di dalam area yang lembap seperti kamar mandi. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk membuat kamar mandi bebas bau dan menjadi nyaman. Berikut ini caranya.  

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Jamur pada Tirai Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Tempatkan Pengharum Ruangan di Sekitar 

Untuk menyegarkan aroma di kamar mandi, Anda dapat menggunakan penyegar udara yang ditempatkan di sudut kamar mandi. Bisa pula menggunakan penghilang bau alami seperti menempatkan bubuk kopi di suatu wadah atau irisan lemon. 

Ventilasi yang Baik 

Semua kamar mandi membutuhkan ventilasi yang baik untuk memberikan udara yang lebih baik serta pertukaran udara dari luar ke dalam kamar mandi. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab Kamar Mandi Terlihat Kotor dan Berantakan

Jika kamar mandi tidak dilengkapi dengan ventilasi, solusinya adalah menggunakan exhaust sehingga bisa mengurangi kelembapan di kamar mandi. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari Menggantung Handuk Basah 

Salah satu penyebab bau tak sedap dari kamar mandi yang sering diabaikan adalah handuk kotor atau lembap yang digantung di kamar mandi. Jika handuk tidak kering, mereka bisa mulai menumbuhkan bakteri dan jamur yang berbau tidak sedap. 

Baca juga: Sering Dihindari, Ini Alasan Wajib Punya Handuk Putih seperti Hotel

Begitu pun, bila handuk sudah lama tidak dicuci, ini bisa mempercepat proses pertumbuhan bakteri. Untuk itu, tidak menggantungkan handuk basah di kamar mandi dan cuci handuk setidaknya sekali seminggu.

Gunakan pemutih atau air terpanas untuk membunuh kuman yang ada dalam kain.  

Pembersihan Secara Teratur 

Terkadang bau tak sedap di dalam kamar mandi karena kotoran yang menumpuk di bak, pancuran atau shower, toilet, atau wastafel.

Baca juga: Gampang, Ini Trik Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Lebih Luas

Untuk itu, bersihkan kamar mandi dan tempat-tempat tersebut secara teratur sehingga kotoran tidak menumpuk dan kamar mandi bebas bau.

Bersihkan kamar mandi Anda minimal seminggu sekali dengan pembersihan yang lebih teliti setiap satu atau dua bulan sekali. Hal ini dapat mengurangi, bahkan menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi. 

Baca juga: 5 Tanaman untuk Pewangi Kamar Mandi

Buang Sampah 

Meski tempat sampah tidak berisi sisa-sisa makanan seperti di dapur, sampah kamar mandi juga bisa berbau. Kosongkan tempat sampah kamar mandi secara teratur.

Jangan menunggu penuh baru membuangnya karena ini dapat menjadikan bau terperangkap dalam kamar mandi. 



Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X