Kompas.com - 06/05/2021, 19:22 WIB
Jika disimpan dengan cara yang benar, apel bisa tahan berbulan-bulan. Unsplash/Priscilla Du PreezJika disimpan dengan cara yang benar, apel bisa tahan berbulan-bulan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak suka buah apel? Buah dengan cita rasa manis asam ini mengandung banyak mineral dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Buah apel dapat diolah menjadi berbagai makanan atau minuman sehat seperti keripik apel, sari buah apel, hingga selai apel.

Baca juga: Cara Menanam Buah Apel dari Bijinya, Mau Coba?

Rasanya yang segar dan khasiat yang berlimpah menjadikan apel sebagai salah satu buah favorit banyak orang. Jika kamu jeli, apel bisa dijadikan lahan bisnis dengan menanam atau budi daya tanaman apel di rumah.

Namun, menanam buah apel dari biji bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar tanaman cepat berbuah. Melansir dari kanal YouTube Esta Channel, Kamis (06/5/2021) berikut ini cara menanam apel dari biji agar cepat berbuah. 

Baca juga: Manfaat Cuka Apel, Bersihkan Karpet hingga Saluran Air Tersumbat

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siapkan Satu Buah Apel

Langkah pertama menanam apel dari biji agar cepat berbuah ialah menyiapkan satu buah apel jenis apa pun, lalu belah apel tersebut dan ambil bijinya menggunakan pisau. Lakukan dengan hati-hati agar biji apel tidak hancur atau ikut terbelah. 

Rendam dengan Air Panas 

Setelah berhasil memisahkan biji dari buahnya, langkah berikutnya adalah merendam biji dengan air bersuhu 40-45 derajat Celcius selama 24 jam. Usai direndam selama 24 jam, buang airnya.

Baca juga: Wakai Perkenalkan Sepatu dengan Bobot Setara 2 Buah Apel

3. Siapkan Tisu dan Plastik

Ilustrasi buah apel, pohon apel. PIXABAY/S. HERMANN & F. RICHTER Ilustrasi buah apel, pohon apel.

Kemudian siapkan selembar tisu dan lipat menjadi ukuran yang lebih kecil, lalu masukkan ke plastik dengan perekat.

Tuangkan air mineral ke dalam plastik berisi tisu hingga tisu basah.

Masukkan Biji ke Tisu dan Plastik

Setelah tisu basah, masukkan biji ke dalam plastik berisi tisu basah tersebut. Cara ini dilakukan untuk penyemaian biji apel. 

Baca juga: Cara Alami Mengusir Lalat Buah dari Rumah, Pakai Cuka Apel

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X