Kompas.com - 06/05/2021, 13:08 WIB
Ilustrasi kucing spinx Dan Wayman/UnsplashIlustrasi kucing spinx

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi para pencinta kucing, pasti sudah tak asing lagi dengan jenis kucing Sphynx? Ya, kucing yang dikenal tidak memiliki bulu ini punya bentuk wajah yang unik dan telinga yang besar juga lebar.

Tak hanya itu, ternyata kucing Sphynx memiliki sejumlah fakta unik dan menarik yang perlu kamu ketahui. Melansir dari mentalfloss, berikut ini tujuh fakta menarik soal kucing Sphynx.

Baca juga: Gejala dan Cara Mengobati Kucing Cacingan

Berasal dari Kanada

Banyak rumor yang mengatakan bahwa kucing Sphynx berasal dari Mesir karena namanya diambil dari bahasa Yunani kuno, Sfinks atau makhluk mitologi Mesir yang bertubuh singa dengan kepala manusia.

Padahal, kucing Sphynx ternyata berasal dari Kanada dan mulai berekspansi di Amerika Utara sejak 1960-an atau ketika seekor kucing Ontario melahirkan anak kucing tak berbulu, hasil dari mutasi genetik alami. 

Baca juga: Ragam Penyebab Anak Kucing Mengalami Mencret

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, pada 1970-an, dua pasang anak kucing Sphynx terlahir di Toronto dan Minnesota hingga akhirnya dilakukan pengembangbiakkan serta banyak dipelihara sampai saat ini.

Tidak Benar-benar "Botak"

Sekilas saat melihat kucing Sphynx, kamu pasti mengira bahwa mereka tidak memiliki bulu dan terlihat seperti "telanjang" atau "botak". Namun, ketika menyentuh atau mengelusnya, kamu akan merasakan adanya bulu-bulu halus yang menutupi seluruh permukaan kulit. 

Baca juga: Gejala Keracunan Pada Kucing dan Cara Menghadapinya

Tubuh kucing Sphynx ditutupi dengan lapisan bulu halus yang teksturnya mirip dengan material suede.

Memiliki Pola dan Warna Berbeda

Ilustrasi kucing spinxDan Wayman/Unsplash Ilustrasi kucing spinx

Meskipun warna kucing Sphynx terlihat seperti warna kulit, tetapi pigmen kulit mereka bisa bervariasi dalam berbagai warna dan pola. Mulai dari, pola dan warna kulit penyu hingga tabbies.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Jamur pada Kucing

4. Tidak Hipoalergik

Jika kamu alergi dengan bulu kucing, tetapi ingin memeliharanya, kucing Sphynx bisa jadi pilihan yang tepat.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X