Kompas.com - 04/05/2021, 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak merupakan salah satu serangga yang kehadirannya dibenci dan tak diinginkan di rumah. Tak hanya menjijikan serta membawa penyakit, kemunculan kecoak di rumah juga menunjukkan lingkungan yang tidak higienis.

Serangga berkaki enam ini paling sering muncul di area lembap di rumah seperti dapur dan kamar mandi. Kecoak dapat berkembang biak dengan cepat dan mudah di sana, terlebih bila rumah jarang dibersihkan. 

Baca juga: 4 Cara Cegah Tikus, Kecoak, dan Serangga Masuk ke Rumah

Bahkan kecoa bisa muncul kembali meski berkali-kali dibasmi. Selain karena jumlah spesiesnya yang amat banyak di dunia, cara pembersihan atau pembasmian yang kurang tepat dapat membuat kecoak kembali muncul. 

Tak heran, jika orang selalu mencari cara membasmi kecoak di rumah, khususnya di kamar mandi. Meski pengendalian hama profesional adalah cara yang bagus, pembasmian memakai bahan-bahan rumahan juga tidak kalah ampuh mengusir kecoa. 

Baca juga: 7 Penyebab Kecoak Muncul Tiba-tiba di Dalam Rumah

Apa saja bahan-bahannya dan bagaimana caranya? Nah, berikut cara menghilangkan kecoa di kamar mandi menggunakan enam bahan yang mudah ditemukan di rumah. Dijamin kecoak enggak datang lagi. 

Baking Soda

Metode ini merupakan cara klasik dengan teknik memberikan umpan. Ramuan soda kue atau baking soda dan gula merupakan cara efektif mengendalikan perkembangbiakan kecoak. 

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Kecoak Bersarang di Kamar Mandi

Gula bertindak sebagai umpan untuk menarik kecoak, sedangkan baking soda bertindak membunuh kecoak. Anda hanya perlu menaburkan campuran ini di sudut-sudut lantai kamar mandi dan lantai di area rumah yang sering muncul kecoa. 

Asam Borat

Asam borat dipercaya sebagai salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk menghilangkan kecoak. Cara terbaik memanfaatkannya dengan menaburkan sedikit bubuk ini di sudut dan lantai kamar mandi, lalu diamkan saat kecoak bersentuhan dengannya. 

Baca juga: 10 Cara Alami Mengusir Kecoak dari Rumah

Tak menunggu lama, kecoak bakalan mati. Namun, asam borat tidak efektif digunakan pada area yang basah. Untuk itu, pastikan lantai kamar mandi kering. Perlu diketahui bubuk ini beracun dan harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan. 

Minyak Nimba

Minyak nimba atau neem telah digunakan sebagai obat alami disinfektan untuk banyak hal, termasuk hama selama bertahun-tahun. Minyak atau bubuk mimba mengandung komponen ampuh yang dapat membunuh kecoa. 

Baca juga: Panduan Pengendalian Kecoak di Rumah ala Profesional

Halaman:


Video Pilihan

Sumber LivSpace
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.