Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2021, 19:33 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Penghematan daya di rumah bisa kamu mulai dengan mengganti lampu penerangan dengan LED.

Karena, dibandingkan dengan lampu neon, lampu LED dapat menghemat 20 persen hingga 50 persen atau lebih biaya energi. Penghematan daya ini tentu akan mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk membayar listrik.

Selain menguntungkan untuk kita, lampu LED juga membantu lingkungan. Dengan membakar lebih sedikit energi dan membutuhkan lebih sedikit penggantian, mereka mengurangi emisi karbon dan kekacauan di tempat pembuangan akhir.

Baca juga: Tak Ada Sinar Matahari? Kamu Tetap Bisa Berkebun dengan Lampu LED Ini

Lampu LED juga tidak mengandung merkuri, tidak seperti lampu neon. Komponen ini sangat beracun sehingga di beberapa negara mengharuskan neon untuk didaur ulang daripada dan tidak dibuang ke tempat sampah.

Lampu neon juga sangat rapuh dan mudah pecah, membahayakan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Di sisi lain, lampu LED tahan pecah dan jauh lebih kuat daripada fluorescent. Itu membuat mereka menjadi pilihan menyeluruh yang lebih aman untuk aplikasi apa pun, terutama jika anak-anak menggunakannya untuk menerangi ruangan.

Selain pertimbangan lingkungan dan ekonomi, LED menawarkan manfaat lain. Tidak seperti neon, mereka tidak akan mengeluarkan cahaya yang mengganggu dan berkedip-kedip. LED juga memberikan cahaya yang lebih terang, menjadikannya ideal untuk ruang kerja dan menyelesaikan tugas.

Selain itu, LED tersedia dalam berbagai warna, dari hangat hingga dingin, memberimu kemampuan untuk memilih LED yang tepat untuk ruangan yang akan digunakan untuk penerangan.

Baca juga: Berkat Lampu LED, Tagihan Listrik Penerangan Jalan Umum DKI Turun 60 Persen

Pilihan

Lampu LED hadir dalam berbagai bentuk dan berasal dari berbagai merek. Salah satu merek yang bisa kamu pilih adalah lampu Nanolite.

Menghadirkan desain premium, Nanolite telah memenuhi kriteria Standar Nasional Indonesia terkait lampu LED. Jenis yang ditawarkan juga beragam mulai dari bulb, downlight dan lightstrip.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com