Kompas.com - 03/05/2021, 07:31 WIB
Rolling digunakan untuk meratakan adonan Thinkstock.comRolling digunakan untuk meratakan adonan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri identik dengan berbagai kue kering yang menjadi pemanis di meja ruang tamu.

Beberapa orang lebih memilih membuat kue kering ini sendiri di rumah dengan menggunakan bahan serta alat khusus untuk membuat kue kering, salah satunya adalah rolling pin.

Dengan menggunakan roller pin kayu, Anda dengan mudah dapat membentuk dan meratakan adonan.

Baca juga: Cara Membersihkan Furnitur Kayu agar Tampak Selalu Baru

Dilansir dari The Spruce, Senin (3/5/2021), alat masak serbaguna ini terdiri dari berbagai macam bahan, seperti kaca, keramik, aluminium, kayu, dan plastik. Biasanya bahan material kayu menjadi pilihan favorit banyak orang.

Namun, sama halnya seperti alat memasak lainnya, rolling pin terlebih berbahan kayu, harus dirawat dengan baik sehingga memiliki daya tahan lama.

Cara merawat rolling pin kayu

Rolling pin kayu dianggap lebih nyaman saat digunakan daripada material lainnya. Selain itu, jenis material ini akan bertahan seumur hidup dengan sedikit perawatan.

Namun, yang harus diperhatikan adalah hindari merendamnya di dalam air terlalu lama, karena akan membuat kayu menjadi cepat rusak dan muda keropos.

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Lantai Kayu

Sebelum disimpan, Anda juga perlu mengeringkannya sepenuhnya. Misalnya, setelah selesai memakainya, segera cuci dengan air panas dan sabun cuci piring.

Pastikan hanya menggunakan sabut gosok plastik jika sisa kue sulit untuk dibersihkan. Kemudian, bilas alat ini dengan baik dan keringkan seluruhnya dengan handuk. Anda dapat menyimpannya di mana saja di dapur, tetapi yang terbaik adalah laci atau lemari.

Umumnya, rolling pin kayu tidak perlu dirawat. Mencuci dan mengeringkan pin dengan hati-hati sering kali cukup untuk merawatnya dalam jangka panjang.

Namun, jika rolling pin Anda terkena terlalu banyak panas, ada kemungkinan kayunya bisa retak.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.