Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepemilikan Kucing yang Bertanggung Jawab di Indonesia Makin Disadari

Kompas.com - 26/04/2021, 12:51 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber wawancara

JAKARTA,KOMPAS.com - Kucing merupakan salah satu pilihan hewan peliharaan favorit dan telah menjadi bagian penting dari tatanan masyarakat di Indonesia. Kepemilikan kucing di Indonesia telah mengalami peningkatan yang konsisten dengan pesatnya laju urbanisasi di Tanah Air.

Angka kepemilikan kucing peliharaan di Indonesia saat ini diketahui sebesar 37 persen. Jumlah itu melebihi kepemilikan anjing, yakni 16 persen, bahkan membedakan Indonesia dengan negara Asia lainnya yang menjadikan sebagai hewan peliharaan utama. 

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Ikan Tuna? Simak, Ini Penjelasannya

Orang Indonesia sekarang mendapat dampak positif dari menghabiskan waktu bersama kucing mereka dan memandang kucing sebagai bagian dari keluarga, yang memperkenalkan pandangan baru terhadap rumah tangga khas Indonesia.

"Seiring berjalannya waktu, peran kucing di masyarakat Indonesia telah berubah dari sekadar aksesori menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari," kata Senior Veterinarian, Drh. Diah Pawitri, dalam wawancara dengan Kompas.com, baru-baru ini. 

Baca juga: 6 Cara Kucing Menunjukkan Kasih Sayangnya pada Kita

Perubahan perspektif ini dapat dikaitkan dengan adanya kegiatan di media sosial dan pertumbuhan komunitas pencinta hewan peliharaan. Misalnya, saat ini, banyak kucing memiliki akun media sosial sendiri untuk merekam pertumbuhan dan kegiatan sehari-harinya.

Terdapat juga banyak komunitas kucing seperti Indonesia Cat Lovers dengan jumlah anggota cukup banyak. Di Facebook, halaman komunitas pencinta kucing di Indonesia bisa mendapatkan like hingga 40 ribu. 

Baca juga: Faktor Kesehatan yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Makanan Kucing

Tren kepemilikan kucing yang meningkat ini juga semakin didorong karena pemilik, komunitas, serta peminat sering berkumpul dalam acara tahunan seperti Jakarta Indonesia Pet Show.

Cukup banyak pemilik kucing membawa kucing mereka untuk bersosialisasi sambil menerima informasi tentang kesehatan hewan peliharaan dan tren terkini. Semua hal ini terus mendorong peningkatan yang stabil dalam kepemilikan hewan peliharaan serta produk perawatan hewan peliharaan. 

Baca juga: Simak, 7 Fakta Menarik Tentang Kumis Kucing

Pemilik kucing peliharaan saat ini semakin menyadari pentingnya memprioritaskan kesehatan kucing mereka. Ada banyak hal yang dilakukan, dari melakukan pemeriksaan rutin hingga mencari informasi sebanyak mungkin mengenai nutrisi untuk memastikan pola makan yang baik dan sehat bagi kucing. 

"Walhasil, pasar hewan peliharaan mulai hidup kembali dan semakin banyak pilihan produk tersedia untuk memenuhi kebutuhan kucing," ucap Diah.

Sebagai contoh, kata Diah, pemilik kucing saat ini makin menyadari bahwa kucing membutuhkan nutrisi yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik mereka. 

Baca juga: Karpet Dikencingi Anjing atau Kucing? Begini Cara Membersihkannya

Oleh karena itu, mereka mencari produk yang dikembangkan oleh dokter hewan dan memenuhi kebutuhan khusus seperti kesehatan bulu, otot yang kuat, juga pencernaan yang baik seperti produk IAMS.

Produsen juga menyadari bahwa kucing membutuhkan nutrisi seimbang dan terukur di setiap tahap kehidupannya. Mulai dari, anak kucing hingga lanjut usia. Akhirnya, mencari produk seperti Whiskas dan IAMS yang dibedakan berdasarkan usia untuk pertumbuhan dan kesehatan yang optimal.

Pemilik kucing saat ini juga secara aktif mencari nasihat dari dokter hewan mengenai kesehatan hewan peliharaan mereka serta menjadi lebih sadar dalam membuat pilihan yang lebih sehat untuk hewan peliharaan. 

Baca juga: Mengapa Kucing Depresi? Ini Penyebabnya

Contohnya, setelah berkonsultasi dengan dokter hewan, banyak pemilik tertarik pada produk yang mengandung daging berkualitas tinggi tidak hanya untuk kandungan protein, tetapi juga manfaat kesehatan lainnya seperti meningkatkan kesehatan saluran kemih.

Halaman:
Sumber wawancara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com