Kompas.com - 26/04/2021, 11:53 WIB
Ilustrasi buket bunga Unsplash/Kermen TutkunovaIlustrasi buket bunga

JAKARTA, KOMPAS.com - Buket bunga kerap menjadi salah satu hadiah terbaik untuk diberikan kepada orang tersayang. Bunga melambangkan cinta dan keindahan. Tak heran, siapa pun yang mendapat buket bunga bakal merasa bahagia serta tersipu.

Tak mau bunga-bunga potong itu cepat layu, beberapa orang melakukan cara agar bunga tetap segar, terus mekar, juga tahan lama. Menjaga kesegeran buket bunga atau bunga potong dapat dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan tertentu ke dalam vas. Apa saja?

Nah, berikut ini tujuh bahan untuk membuat buket bunga tetap segar dan tahan lama. 

Baca juga: Tutorial Membuat Buket Bunga di Rumah untuk Hadiah Idul Fitri 

Soda

Minuman karbonasi ini berkhasiat membuat bunga tetap segar dan awet. Untuk memanfaatkannya, cukup mudah. Tuang sekitar seperempat gelas soda pada air ke dalam vas bunga yang berisi bunga potong. Gula dalam soda akan membuat bunga bertahan lebih lama.

Hair Spray

Selain menjaga gaya rambut, semprotan hair spray dapat membantu bunga terlihat segar lebih lama. Berikan semprotan cepat, tepat di bagian bawah daun dan kelopak bunga. 

Baca juga: Trik Membuat Buket Bunga Lebih Tahan Lama

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cuka Apel

Semua orang suka menyimpan bunga potong selama mungkin. Salah satu cara membuat bunga tetap segar adalah memberikan cuka apel. Campurkan dua sendok makan cuka sari apel dan dua sendok makan gula ke dalam air vas sebelum menambahkan bunga.
Pastikan untuk mengganti air cuka apel setiap beberapa hari untuk meningkatkan umur bunga. 

Vodka

Rahasia menjaga buket bunga tetap terlihat bagus dan tahan lama adalah meminimalkan pertumbuhan bakteri di dalam vas air serta memberi nutrisi tambahan. Tambahkan beberapa tetes vodka dan satu sendok teh gula ke dalam air vas bunga. 

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Bunga Petunia

Vodka bermanfaat melawan bakteri. Jangan lupa mengganti air dalam vas setiap dua hari sekali dan tambahkan vodka dan gula kembali.

Aspirin

Aspirin atau obat sakit kepala dan demam ini sudah teruji mampu menjaga kesegaran bunga mawar dan bunga potong lainnya. Masukkan aspirin yang sudah dihancurkan ke dalam air sebelum menaruh bunga. Selain itu, jangan lupa mengganti air vas setiap beberapa hari. 

Baca juga: Berapa Kali Air di Vas Bunga Harus Diganti? Ini Penjelasannya

Pemutih Pakaian 

Bunga yang baru dipotong akan bertahan lebih lama beli diberi tambahan seperempat sendok teh pemutih pakaian dalam air vas. Resep populer lainnya, masukkan tiga tetes pemutih dan satu sendok teh gula dalam satu liter air. Ini juga akan mencegah air keruh serta menghambat pertumbuhan bakteri.

Gula

Menjaga kesegaran buket bunga lebih lama juga dapat dilakukan dengan membuat pengawet sendiri. Caranya, larutkan tiga sendok makan gula, dua sendok makan cuka putih, dan satu liter air hangat. 

Baca juga: Seputar Bunga Impatiens Walleriana dan Cara Merawatnya

Saat mengisi larutan pengawet dalam vas, pastikan batang bunga terkena air mencapai tujuh sampai 10 sentimeter. Gula menyehatkan tanaman, sedangkan cuka menghambat pertumbuhan bakteri. Anda akan terkejut dengan hasil bunga yang tetap segar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X