Kompas.com - 25/04/2021, 12:22 WIB
Ilustrasi gula pasir dan gula bubuk. SHUTTERSTOCK/BEATS1Ilustrasi gula pasir dan gula bubuk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam merawat tanaman, ada saja tips dan trik yang kerap dijumpai di dunia maya. Salah satunya adalah penggunaan air gula untuk menyuburkan tanaman.

Akan tetapi, apakah benar menuangkan air gula bisa membuat tanaman subur? Dilansir dari Hunker, Minggu (25/4/2021), berikut ini penjelasannya.

Seperti halnya manusia, tanaman membakar gula sebagai sumber energi, dan memang, seluruh tujuan daun tumbuhan adalah memproduksi gula untuk pertumbuhan tumbuhan dan mengumpulkan sinar matahari.

Baca juga: Air Rebusan Telur Bisa Menyuburkan Tanaman, Begini Caranya

Maka dari itu, masuk akal jika menambahkan gula ke air yang Anda gunakan untuk menyiram tanaman akan membantu mendorong pertumbuhannya.

Namun demikian, perlu diingat bahwa berkebun dan merawat tanaman tidak kebal dari legenda urban yang berpadu antara sains dan mitos. Menentukan apakah menambahkan gula ke air tanaman memengaruhi pertumbuhannya membutuhkan pertimbangan yang cermat.

Mitos

Saat tanaman meminum air, membran sel berpori membiarkan air masuk karena kandungan gula dan garam air yang tinggi. Sel-sel menyimpan gula sehingga akar tanaman dapat menggunakannya, dikombinasikan dengan garam yang tercuci dari tanah, untuk tumbuh lebih jauh ke dalam tanah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, ada beberapa pihak percaya bahwa mencampurkan sedikit gulake dalam air yang Anda gunakan untuk menyiram tanaman atau ke air dalam vas tanaman dapat menghasilkan larutan penyiraman yang lebih kaya gula, dan dengan demikian menyediakan lebih banyak makanan untuk tanaman. Hasil yang diinginkan adalah pertumbuhan tanaman yang lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Sering Diabaikan, 3 Air Bekas Cucian di Dapur Bisa Menyuburkan Tanaman

Kenyataannya

Menambahkan gula ke air tanaman adalah proyek sains siswa sekolah, dan hasilnya secara umum mengonfirmasi mitos tersebut. Tanaman yang ditanam dengan sedikit gula yang ditambahkan ke air umumnya tampak lebih sehat dan tumbuh lebih cepat daripada tanaman yang ditanam dengan air biasa.

Efeknya jauh lebih dramatis pada tanaman yang tumbuh di luar tanah dalam lingkungan yang terkendali, karena tanaman yang lebih muda mungkin belum mengembangkan kemampuan produksi dan penyimpanan gula yang efektif seperti yang lebih tua, serta pada tanaman yang dipanen dari tanah dan disimpan dalam wadah, seperti vas, karena wadah seperti itu kekurangan gula alami di luar tanah.

Pertumbuhan mikroba

Hal penting yang harus diingat saat menambahkan gula ke air tanaman adalah menggunakannya dalam jumlah sedang.

Jika Anda memperhatikan bahwa tanaman Anda tumbuh lebih efektif saat gula ditambahkan, Anda mungkin tergoda untuk menambahkan lebih banyak gula secara terus menerus untuk menggandakan efeknya.

Halaman:


Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X