Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Tepat Mencuci Handuk agar Tetap Lembut dan Awet

Kompas.com - 25/04/2021, 09:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak hanya handuk baru yang membutuhkan pencucian dan perawatan, handuk lama yang telah dipakai berbulan-bulan pun harus dirawat dengan baik demi menjaga tekstur tetap lembut, nyaman, serta wangi ketika digunakan.

Dilansir dari Hunker, Minggu (25/4/21), selain bahan pembersih biasa, ada bahan pokok rumah tangga seperti soda kue dan cuka yang juga dapat mencegah kelunturan, meningkatkan daya serap, dan melembutkan handuk. Merawat handuk secara teratur melalui metode sederhana ini dapat sangat membantu memperpanjang masa pakainya. 

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Handuk Tak Dicuci Seminggu Sekali

Mencegah Handuk Menjadi Kasar

Handuk yang masih baru memiliki tekstur lembut. Namun, seiring pemakain, bulu-bulu halus pada handuk dapat terlepas atau rontok sehingga menyebabkan handuk menjadi lebih kasar dan tipis. Untuk mencegah handuk rontok, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebelum menggunakannya.

Salah satu metode mencegah handuk rontok adalah mencucinya handuk memakai air panas dan satu cangkir cuka putih. Dalam banyak kasus, trik ini mampu menghentikan kerontokan handuk. 

Baca juga: Ciri-ciri Handuk yang Masih Kotor Usai Dicuci

Cara lain mencegah handuk rontok adalah mencucinya dengan air panas dan setengah cangkir soda kue. Sebaiknya, larutkan soda kue dalam air sebelum menambahkan handuk ke dalam cucian. Kamu bisa pula menambahkan deterjen ke dalam rendaman. 

 

Cara Membuat Handuk Lebih Menyerap 

Seiring berjalannya waktu pemakaian, daya serap handuk menurun. Handuk tidak lagi menyerap air dengan sempurna ketika digunakan untuk mengeringkan tubuh sehabis mandi. Untuk mengatasinya, cobalah mencuci handuk dengan air panas dan seperempat cangkir cuka putih, lalu tambahkan deterjen biasa.

Pelembut kain yang menumpuk di handuk juga dapat menyebabkan masalah daya serap. Selain itu, handuk baru mungkin tidak menyerap air dengan sempurna karena sudah diolah memakai bahan kimia. 

Baca juga: Berapa Kali Handuk Harus Dicuci? Ini Penjelasannya

Cara Melembutkan Handuk 

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk melembutkan handuk. Anda dapat mencoba mengurangi penggunaan deterjen karena deterjen yang menumpuk dari waktu ke waktu dapat membuat handuk kaku. Cuci handuk dengan air hangat karena dapat menyerap deterjen dengan lebih baik.

Setiap enam minggu sekali, coba tambahkan satu cangkir cuka putih ke dalam cucian untuk melembutkan handuk. Cuka membantu melawan penumpukan deterjen dan melembutkan kain.

Baca juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Tak Sering Mengganti Handuk Mandi 

Anda juga dapat menggunakan setengah cangkir soda kue dengan deterjen biasa. Soda kue membantu mengendurkan serat handuk, membersihkan bahan kimia atau kotoran, juga menghilangkan bau apak pada handuk. 

Jangan memasukkan cucian terlalu banyak ke dalam mesin cuci, terutama saat mencuci handuk. Melakukan hal tersebut dapat mempersulit mesin membilas semua kotoran dan deterjen serta mengurangi kelembutan handuk seiring waktu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com