Kompas.com - 24/04/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/IAKOV FILIMONOVIlustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah bertanya-tanya mengapa pintu kulkas atau freezer di rumah tak bisa lagi tertutup satelah dibuka. Pintu kulkas yang tidak terutup rapat dapat membuat kulkas menjadi tidak dingin dan makanan di dalamnya membusuk.

Dilansir dari laman Cnet, Jumat (23/4/2021), ada beberapa penyebab pintu kulkas tidak tertutup rapat seperti semula. Ada tiga penyebab umum pintu kulkas tidak tertutup rapat.

Pertama, terlalu banyak beban di bagian pintu. Singkirkan semua barang berat di bagian pintu seperti galon susu atau jus demi mengurangi berat. 

Baca juga: Apakah Buruk Menempelkan Hiasan Magnet di Kulkas?

Kedua, lemari es tidak rata. Jika bagian depan lemari es dimiringkan ke depan, pintunya tetap tidak akan tertutup. Periksalah permukaan tempat kamu meletakkan lemari es, kemudian sesuaikan dengan posisi kaki-kakinya.

Ketiga, engsel tidak sejajar. Penggunaan selama bertahun-tahun dapat membebani engsel lemari es sehingga dapat menurunkannya. Kencangkan dan sesuaikan engsel menggunakan obeng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, bila ketiga alasan itu bukan penyebabnya, inilah waktunya untuk memeriksa segel pintu lemari es kamu. Berikut ini cara mengatasinya. 

Baca juga: Ini Permasalahan Umum yang Sering Terjadi pada Kulkas

Periksa Posisi Karet 

Coba periksa karet di sekitar lemari es atau pintu freezer. Karet ini berfungsi menyegel udara dingin sehingga makanan di dalam kulkas tetap segar. Segel atau karet yang tidak berfungsi dengan baik akan mencegah unit mempertahankan suhu yang aman.

Selain itu, kondisi ini akan menaikkan tagihan listrikmu karena alat bekerja lebih keras untuk tetap dingin. Segel karet pada dasarnya adalah potongan karet yang pas dengan alur di sekitar tepi pintu.

Namun, terkadang, segel karet bisa bergoyang dan lepas dari tempatnya dan hanya perlu didorong masuk kembali. Gunakan tangan untuk mengecek bagian dalam karet, apakah ada yang tidak sesuai dengan tempatnya. 

Baca juga: Awas, Gagang Pintu kulkas Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Tutup kulkas untuk melihat bagian mana yang bocor dan mengeluarkan udara dingin. Dengan menggunakan kapas dan petroleum jelly, dorong ke dalam lekukan di bawah karet yang lepas. Ini akan memudahkan mendorong karet kembali ke tempatnya serta membantu menutup kebocoran. Setelah itu, dorong segel kembali ke relnya.

Halaman:


Sumber CNET
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.