Kompas.com - 17/04/2021, 18:16 WIB
Ilustrasi tanaman kaktus. UNSPLASH/SCOTT WEBBIlustrasi tanaman kaktus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terkenal dengan perawatannya yang mudah dan tidak perlu disiram secara berkala, namun kaktus juga bisa terkena penyakit dan masalah yang dapat menghambat pertumbuhannya.

Salah satunya adalah kaktus berubah warna menjadi cokelat. Hal ini menunjukkan bahwa  kaktus memiliki masalah yang harus segera diatasi.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (17/4/2021), cara terbaik untuk menjaga kaktus agar tidak berubah warna menjadi cokelat adalah dengan memastikan bahwa lingkungannya kondusif untuk menumbuhkan tanaman yang sehat.

Baca juga: 5 Manfaat Besar Meletakkan Kaktus Kecil di Dalam Rumah

Untuk menghindari masalah kaktus, karantina tanaman baru dan periksa keberadaan hama dan penyakit sebelum memaparkannya ke tanaman yang lain bisa menjadi solusi awal. Sediakan tanah yang gembur, bersih, dan dikeringkan dengan baik.

Di bawah air, jangan di atas air, tanaman kaktus Anda. Lantas, mengapa kaktus bisa berubah warna menjadi kecokelatan? Berikut penjelasannya:

1. Busuk akar kaktus

Jika pangkal kaktus Anda berubah warna menjadi cokelat dan batangnya lunak serta kuning, itu bisa menjadi tanda busuk akar.

Ilustrasi tanaman kaktus. PIXABAY/PEXELS Ilustrasi tanaman kaktus.

Tanaman dengan busuk akar mungkin sulit disimpan karena busuk mulai di dalam kaktus dan keluar, jadi gejala biasanya tidak terlihat sampai busuk berkembang pesat.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaktus di Dalam Ruangan agar Tidak Busuk dan Mati

Hentikan penyiraman tanaman dengan pembusukan awal, dan coba diganti potnya dengan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Anda dapat mencoba menyelamatkan tanaman dengan pembusukan akar lanjut dengan memotong semua tanda pembusukan bersama dengan beberapa jaringan sehat yang mengelilinginya untuk memastikan tidak menyebar.

Gunakan pisau bersih dan seka dengan alkohol di sela-sela potongan.

Halaman:


Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X