Kompas.com - 16/04/2021, 17:44 WIB
Ilustrasi wajan, wok. PIXABAY/PEXELSIlustrasi wajan, wok.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa perlengkapan memasak memiliki jenis bahan material yang berbeda, mulai dari stainless steel, hingga cast iron (besi cor). Perbedaan ini berpengaruh dengan ketahanan dan keawetan masa pakainnya.

Dilansir dari Hunker, Jumat (16/4/2021), cast iron sering mendapat reputasi sebagai perlengkapan memasak yang agak sulit dirawat, sebab ada beberapa bahan yang tidak boleh digunakan saat membersihkannya.

Namun, kelebihan perlengkapan memasak berbahan ini adalah lebih tahan lama, bahkan bisa diturunkan dari generasi ke generasi lainnya.

Baca juga: 6 Kesalahan Merawat Wajan dan Panci Stainless Steel

Wajan serbaguna ini sangat baik digunakan saat dipanggang, dibakar, dan digoreng, plus memberikan manfaat bagi kesehatan.

Namun, terlepas dari itu, ada beberapa perawatan yang tidak boleh diabaikan jika menggunakan perlengkapan memasak berbahan cast iron ini.

Untuk membersihkannya, Anda membutuhkan beberapa bahan mulai dari soda kue, sabun, air, sikat, minyak sayur, dan kertas tisu.

1. Gosok dengan baking soda

Bersihkan wajan segera setelah memasak, segera setelah wajan cukup dingin untuk digunakan. Partikel makanan akan lebih mudah dihilangkan saat masih hangat.

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan dan Panci Gosong, Pakai Cuka dan Baking Soda

Seka wajan dengan tisu dapur. Mungkin hanya itu yang diperlukan untuk menghilangkan sisa minyak atau makanan.

Jika makanan masih menempel, tambahkan satu sendok makan soda kue ke dalam wajan dan gunakan sikat untuk menghilangkan kotorannya.

2. Cuci dengan sabun dan air

Kemudian cuci wajan dengan air hangat dan sedikit sabun cuci piring. Jangan takut sabun cuci piring akan merusak wajan Anda.

Selama proses memasak wajan menjadi panas, dan memecah minyak menjadi partikel yang mengikat besi, menciptakan lapisan pelindung permukaan. Jadi, sabun cuci piring bisa menghilangkan minyak, tapi tidak akan menghilangkan lapisan bumbu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X