Kompas.com - 16/04/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi ruang tamu bergaya urban boho. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi ruang tamu bergaya urban boho.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama bulan Ramadan, rumah menjadi tempat yang paling nyaman untuk menghabiskan waktu bersama anggota keluarga.

Untuk itu, area di dalam rumah harus dibuat senyaman mungkin. Kenyamanan ini bisa didapatkan dengan berbagai cara, mulai dari mendekorasi hingga mengecat ruangan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (16/4/2021), warna dapat membantu menentukan perasaan kita saat kita masuk ke sebuah ruangan.

 

Baca juga: Pilihan Warna Cat Pagar Rumah yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Warna-warna cerah seperti merah dan oranye dapat memberi energi dan membangkitkan kegembiraan, sementara warna yang lebih lembut dan lebih kalem memunculkan perasaan tenang dan rileks.

Untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan di rumah warna netral biasanya menjadi sala satu pilihannya. Pengaplikasian warna netral ini bisa di bagian manapun, seperti furnitur, karpet, dan lain-lain.

Karena menanamkan rasa kedamaian, palet halus ini sering digunakan di spa mewah atau butik pakaian kelas atas, dan dapat memunculkan suasana yang sama di rumah Anda.

Trik untuk menciptakan skema warna yang menenangkan adalah dengan menarik rona dari kisaran sempit rona netral, yang mungkin hanya berbeda beberapa derajat satu sama lain.

Baca juga: 13 Warna Cat Terbaik untuk Mempercantik Tampilan Pintu Rumah

Skema warna ruang tamu yang menenangkan 

Untuk mendekorasi ruang tamu yang terasa santai, gunakan palet monokromatik yang elegan. Pertimbangkan untuk melapisi trim dengan warna gading yang hangat. Lalu pilih satu warna yang lebih gelap, seperti cappucino atau biskuit untuk dinding agar menciptakan kanvas ruangan yang mulus dan tidak terputus.

Pertahankan warna netral dengan penutup linen pada perabotan, panel tirai dari sutra berwarna krem, dan.

Terakhir, tambahkan warna halus pada aksesori dekoratif, seperti bantal empuk biru lembut atau buket meja kopi mawar aprikot.

Skema warna kamar tidur yang menenangkan

Untuk menumbuhkan suasana yang menenangkan di kamar tidur, fokuslah pada satu fitur menonjol, seperti headboard berlapis kain atau dinding aksen dengan wallpaper bermotif botani.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X