Kompas.com - 16/04/2021, 12:12 WIB
Ilustrasi kucing jenis Siberian. PIXABAY/ALLNIKARTIlustrasi kucing jenis Siberian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu sudah memiliki satu atau lebih kucing di rumahmu, lalu kamu membawa pulang kucing baru, reaksi kucingmu yang lama (atau kucing penghuni) mungkin menghindari kucing baru dan tidak akan ramah dengan kedatangannya.

Atau, situasinya dapat dengan cepat meningkat, yang mana kucingmu mendesis dan menggeram pada pendatang baru dengan bulu berdiri tegak, atau bahkan menyerang kucing baru.

Sebagai manusia, kamu cenderung menafsirkan bahwa perilaku dramatis ini seperti kebencian atau kecemburuan, tetapi penting untuk disadari bahwa ini belum tentu demikian.

Baca juga: 6 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing di Pekarangan Rumah

Dilansir dari Vet Street, Jumat (16/4/2021), ketahui beberapa alasan yang membuat kucing lama tidak akan menyambut atau membenci kehadiran kucing baru.

1. Kucing seringkali takut pada kucing lain

Untuk lebih memahami perilaku ini, mari kamu lihat bagaimana kucing domestik berinteraksi di alam liar.

Dalam keadaan liar, kucing hidup dalam kelompok sosial dan mengetahui siapa yang menjadi anggota kelompoknya. Anggota kelompok sering membantu satu sama lain.

Misalnya, jika kucing jantan besar asing yang mendekat, ia dapat dianggap berbahaya bagi anak-anak kucing dalam kelompok, karena jantan non-kelompok diketahui membunuh anak kucing jika mereka bisa mendapatkannya.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Demam? Ini Penjelasan dan Cara Menanganinya

Baik kucing betina (kucing induk) dan jantan yang merupakan anggota kelompok dapat menyerang jantan aneh untuk melindungi anak kucing.

Jika kucing pejantan baru ingin menjadi anggota kelompok, kemungkinan akan membutuhkan berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk bisa berbaur.

2. Merasa bahaya dengan kucing asing

Saat kamu membawa kucing baru ke lingkungan rumahmu, kucing lamamu yang ada mungkin akan berperilaku serupa.

Mereka kemungkinan besar akan menganggap kucing baru itu sebagai sosok asing dan bukan sebagai anggota keluarga dan ini normal.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Sumber Vet Street
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X