Kompas.com - 14/04/2021, 04:52 WIB
Ilustrasi taoge. PIXABAY/PUBLIC DOMAIN PICTURESIlustrasi taoge.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menu buka puasa, kamu bisa menanam sendiri bahan makanannya. Salah satu sayuran yang sehat dan mudah ditanam adalah taoge.

Sayuran ini cepat bertumbuh, sehingga kamu bisa memanennya dengan segera walaupun baru saja menanamnya.

Caranya pun cukup mudah, perawatannya juga tidaklah sulit. Kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk ngabuburit bersama keluarga.

Baca juga: Tidak Sulit, Ini Cara Menanam Kangkung di Rumah

Berikut delapan langkah menanam taoge di rumah untuk menu berbuka puasa yang segar dan sehat seperti dilansir dari Express, Selasa (13/4/2021).

1. Siapkan wadah

Siapkan botol kaca atau botol plastik yang lebar dan sterilkan dengan air sabun panas. Ini akan menghilangkan kotoran dan memastikan tidak ada bakteri jahat dan jamur yang bisa memengaruhi pertumbuhan taoge.

Keringkan wadah dengan handuk bersih dan letakkan di atas meja.

2. Pilih benih

Di Indonesia, taoge biasanya dibuat dari kacang hijau, tetapi ada pilihan lain yang juga bisa dicoba seperti, kacang kedelai, biji bunga matahari dan biji gandum.

Baca juga: Cara Menanam Buah Apel dari Bijinya, Mau Coba?

3. Takaran harus pas

Takar sekitar 100 gram kacang, dan tuangkan ke dalam mangkuk bersih. Cuci kacang dengan memberinya air dan mengaduknya.

Masukkan kacang ke dalam saringan dan tiriskan airnya, ulangi mencuci dengan membilasnya di bawah keran sampai airnya jernih. Namun lakukan ini denan lembut agar benih tak mudah rusak.

Selanjutnya, pindahkan kacang ke dalam wadah yang telah disiapkan.

4. Masukkan ke wadah

Isi wadah dengan seperempat bagian penuh dengan air bersuhu ruangan. Sisa celah ini akan memberi ruang bagi kecambah untuk tumbuh dan membiarkan udara mengalir melalui toples atau wadah.

Letakkan handuk bersih atau kain katun tipis di atas mulut stoples dan kencangkan dengan karet gelang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Sumber Express
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X