Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2021, 09:27 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai seorang anak, kamu tentu ingin membuat orangtuamu yang sudah lansia bisa hidup bersama di rumahmu dengan nyaman.

Untuk itu, ada baiknya kamu mendesai rumah atau apartemen agar bisa menjadi hunian yang ramah lansia.

Berikut adalah enam tips yang bisa kamu lakukan agar rumah menjadi ramah lansia, seperti dilansir dari This Old House, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: 6 Cara Tak Terduga untuk Mempercantik Ruang Kerja di Rumah

1. Tuas pintu lebih ringan

Memutar kenop pintu yang besar dan keras bisa menjadi tugas yang berat, bahkan menyakitkan, bagi seseorang yang menderita artritis atau kondisi lainnya.

Untuk itu, ada baiknya kamu mengganti gagang pintu dengan perangkat keras bergaya tuas dapat membuat hidup lebih mudah bagi penghuni.

2. Lantai yang tidak licin

Permukaan licin bisa sangat berbahaya bagi lansia. Semua lantai harus dibuat anti selip, seperti dengan menambahkan keset anti licin di bawah karpet atau menyingkirkan karpet sepenuhnya.

Orangtua bisa tergelincir karena permukaan yang licin. Bagi mereka yang menggunakan alat bantu jalan, tambah Cratsley, karpet tipis adalah yang paling aman agar alat bantu jalan tidak tersangkut di karpet yang tebal dan dalam dan menyebabkan jatuh.

Baca juga: Pentingnya Pencahayaan Saat Meletakkan Tanaman Hias di Rumah

3. Tangga yang aman

Untuk orang tua yang tinggal di rumah yang lebih dari satu tingkat, tangga bisa sangat berbahaya. Pegangan tangan adalah suatu keharusan, di kedua sisi tangga jika memungkinkan. Pencahayaan juga penting, jadi pastikan seluruh tangga mendapat penerangan yang baik dari atas ke bawah.

Pemilihan alas untuk tangga juga penting agar orangtua tidak terjatuh dan terpeleset.

4. Penerangan yang baik

Bila di rumah ada lansia, kamu membutuhkan penerangan yang baik di setiap ruangan. Ruangan yang gelap mengundang benturan atau membuat lansia terjatuh, jadi pastikan ada pencahayaan yang cukup di setiap ruangan, lorong, dan pintu masuk.

Jalan masuk juga sangat berbahaya jika tidak cukup penerangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com