Kompas.com - 10/04/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. UNSPLASH/FRED KLEBERIlustrasi dapur kecil, dapur sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang dapur kecil acap kali menjadi tantangan bagi setiap pemiliknya, sehingga biasanya mereka harus memutar otak untuk mengakali segala sesuatu.

Jika dapur di rumahmu memiliki luas yang sempit, maka kamu perlu mengetahui beberapa masalah yang bisa terjadi, sehingga kamu bisa antisipasi.

Namun jangan khawatir, pada artikel ini ada beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah dapur kecil yang umum ini.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Wujudkan Dapur Terbuka pada Hunian

Dilansir dari laman Renonation, Sabtu (9/4/2021), berikut ini 5 masalah umum yang kerap terjadi pada dapur kecil dan cara untuk mengatasinya.

1. Tidak ada cukup ruang lemari untuk menyimpan panci dan wajan

Tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup selalu menjadi masalah besar dengan ruang kecil. Dengan dapur kecil, kekurangan ruang penyimpanan untuk peralatan memasak besar biasanya jadi masalah.

Tetapi, ketika berbicara tentang penyimpanan, pikirkan untuk meletakkan di luar lemari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lihatlah dapurmu secara menyeluruh, apakah ada potongan dinding yang tak terpakai? Jika iya, kamu bisa kaitkan dengan jaring kawat, papan pegboard, dan batang logam untuk menggantung wajan dan panci.

Baca juga: Jenis Pisau yang Sebaiknya Dimiliki di Dapur

2. Dapur kecil kekurangan ruang untuk meletakkan meja

Selain penyimpanan, dapur kecil kemungkinan juga bisa membuatmu akan kesulitan untuk memiliki ruang peletakkan meja.

Simpan banyak barang atau jika kamu tidak memiliki ruang lemari, gunakan ruang vertikal untuk mengaturnya.

Pada akhirnya, sederhanakan peralatan dan perangkat elektronik dapurmu, karena kamu tidak memerlukan yang mewah untuk memasak seperti seorang profesional.

Cukup gunakan perangkat elektronik yang umum saat kamu memiliki dapur kecil. Selain itu, kamu mungkin perlu mengurangi ukuran kompor dan wastafel.

Halaman:


Sumber Renonation
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X