Kompas.com - 09/04/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi ikan cupang di akuarium. SHUTTERSTOCK/BANNOKSTOCKPHOTOIlustrasi ikan cupang di akuarium.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang diketahui, jika ikan cupang selalu hidup menyendiri di dalam akuarium atau wadah yang menampungnya. Bukan tanpa alasan, namun ikan cupang akan lebih agresif jika ditempatkan bersamaan dengan cupang lainnya.

Namun, sebenarnya apakah ikan cupang pernah merasa kesepian ketika hidup sendiri di dalam akuarium?

Dilansir dari Pet Helpful, Jumat (9/4/2021), meskipun terlihat kesepian seperti berputar-putar di sekitar akuarium, namun ikan cupang tidak pernah merasa kesepian.

 

Baca juga: 6 Penyebab Ikan Cupang Betina Tidak Mau Kawin

Faktanya, jika diberikan pilihan, ikan cupang akan lebih suka menyendiri karena mereka adalah ikan tropis yang cantik dan anggun, cupang juga teritorial dan agresif.

Cupang jantan liar hidup menyendiri dan bertahan di wilayah mereka sendiri. Ketika mereka bertemu satu sama lain, mereka akan sering bertarung. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh memelihara dua ikan cupang jantan di akuarium yang sama.

Selain itu, ikan cupang tetap membutuhkan lingkungan hidup yang berkualitas yang meliputi panas dan filtrasi, air bersih, makanan yang baik, dan ukuran akuarium yang benar.

Lantas, bisakah ikan cupang hidup bersama ikan yang lain? Ikan cupang dapat hidup bersama ikan bawah pada situasi tertentu.

Baca juga: Cara Menangani Ikan Cupang yang Baru Dibeli agar Tidak Stres

Berikut beberapa aturan yang harus diikuti jika Anda ingin mencobanya:

  • Akuarium yang lebih besar dari 10 galon.
  • Tidak ada ikan yang agresif.
  • Tidak ada ikan berwarna cerah.
  • Tidak ada ikan yang menyerupai cupang.
  • Arus yang lembut.
  • Banyak tempat persembunyian.

Ikan Cupang Betina Bisa Hidup Bersama

Tidak disarankan untuk menyimpan cupang jantan dan betina dalam satu akuarium. Meskipun cupang jantan tidak bereaksi sedramatis yang mereka lakukan terhadap betina lain, masih ada kemungkinan ia mungkin bertindak agresif terhadapnya.

Pengecualian, jika Anda ingin melakukan perkembang biakan ikan cupang. Pembiakan ikan sebaiknya diserahkan kepada orang yang lebih mengetahui cara untuk melakukan hal tersebut.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X