Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2021, 18:31 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com — Vacuum cleaner atau penyedot debu bisa membantumu membersikan rumah dengan maksimal. Alat ini akan menyedot debu kecil di daerah sempit dan dalam.

Dilansir dari Renonation, Jumat (9/4/2021), berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

1. Ruang penyimpanan

Berapa banyak ruang yang kamu miliki untuk menyimpan vacum cleaner milikmu? Jika kamu memiliki ruang penyimpanan terbatas, penyedot debu tipis akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada penyedot debu tabung yang lebih besar.

Baca juga: Mengenal Vacuum Cleaner Robot dan Cara Kerjanya

2. Ukuran rumah dan berapa lama kamu akan menggunakannya

Jika kamu memiliki banyak ruang untuk dibersihkan, gunakan penyedot debu yang terasa lebih ringan di tangan.

Pengisap debu tanpa kabel juga merupakan pilihan yang baik untuk ruang yang lebih besar, karena kamu tidak perlu terus-menerus mencolokkan mesin ke dalam dan ke luar soket untuk memindahkannya, tetapi untuk penyedot debu tanpa kabel harus sering diisi daya.

Kebanyakan nirkabel cenderung memiliki waktu kerja yang pendek sebelum perlu diisi ulang, jadi jika kamu berniat untuk menyedot debu dalam waktu lama, lebih baik kamu menggunakan penyedot debu berkabel.

3. Jenis lantai

Untuk ubin biasa dan kayu, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner yang memiliki permukaan penyedit yang lembut.

Baca juga: 6 Manfaat Vacuum Cleaner Selain untuk Menyedot Debu

Namun, untuk kamu yang menggunakan karpet, pilihlah vakum cleaner denga daya hisap yang tinggi, agar semua debu dan kotoran bisa terserap sempurna dari karpetmu.

4. Daya hisap

Beberapa merek mencantumkan daya isap penyedot debu, yang merupakan indikator yang baik untuk kemampuan membersihkan penyedot debu.

Namun jika tidak, kamu bisa menilai berdasarkan beberapa indikator seperti aliran udara, yaitu gaya udara yang memindahkan kotoran dan debu ke dalam wadah penyedot debu, serta daya input motor, biasanya diukur dalam watt.

5. Filter HEPA

Jika kamu menderita alergi atau memiliki anak kecil di rumah, pertimbangkan untuk membeli penyedot debu yang dilengkapi dengan filter HEPA.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Renonation
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com