Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Dekorasi Ruangan agar Tidak Terkesan Ramai

Kompas.com - 08/04/2021, 12:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa tren dekorasi dan warna yang memainkan peran penting di dalamnya. Namun, penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan nuansa yang padat dan ramai di dalam ruangan.

Dilansir dari Decortips, Kamis (8/4/2021, saat memilih warna, Anda harus menyadari peran yang mereka mainkan, kombinasi yang dapat Anda buat, dan perasaan yang mereka sampaikan.

Kemudian Anda dapat merenungkan kemungkinan mencapai dekorasi yang harmonis. Menambahkan objek dan bahan lain yang memiliki corak berbeda secara terus-menerus dapat menyebabkan saturasi dekoratif dan kelebihan warna yang menunjukkan kurangnya harmoni.

Baca juga: Warna Krem Tidak Dianjurkan untuk Kamar Tidur? Ini Penjelasannya

Mendeteksi kelebihan warna

Lantas, bagaimana mengetahui jika di dalam ruangan tersebut mengalami kelebihan warna? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menganalisis situasi di rumah Anda.

Sangat penting bagi Anda untuk melihat kamar dengan cermat dan mempelajari status masing-masing kamar.

Kemudian Anda akan melihat apakah ada warna suasana yang berlebihan. Jika ada benturan warna acak tanpa skema yang ditentukan sebelumnya, akan ada kurangnya koherensi dekoratif.

Penting untuk memutuskan apakah warna dipadukan secara memadai, karena sering kali warna dikaitkan dengan suasana tertentu.

Baca juga: Tips Menggunakan Warna Netral untuk Rumah yang Nyaman dan Menyenangkan

Yang penting di sini adalah hubungan estetika yang baik dan menciptakan dialog antara furnitur dan warna. Agar suasana tidak jenuh, Anda harus menganalisis situasi setiap ruangan.

Langkah untuk mengatasi kelebihan warna

Setelah Anda mendeteksi apa masalahnya pada dekorasi rumah, Anda dapat menyelesaikan masalah ini dan mencoba meningkatkan suasana setiap ruangan.

Cobalah untuk menetapkan tujuan yang jelas di mana Anda harus mengetahui apa yang cocok dengan rumah Anda dan warna apa yang ingin Anda dominasi.

Ingatlah bahwa, meskipun mungkin ada warna yang tersebar luas, Anda juga dapat menerapkan warna lain untuk menyeimbangkan kromatisitasnya.

Yang penting adalah ada variabel terkontrol. Tetapkan batasan dan coba pertahankan dalam kelompok warna tertentu untuk membangun dialog di antara mereka. Ide ini adalah tujuan fundamental.

Halaman:
Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com