Kompas.com - 04/04/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi tanaman hias mati. SHUTTERSTOCK/STANISLAV DOSTOVALOVIlustrasi tanaman hias mati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman di dalam ruangan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga meningkatkan suasana hati dan produktivitas.

Namun, tak semudah yang dilihat, memilih tanaman yang tepat untuk di dalam ruangan memiliki kerumitan tersendiri. Sebab, tanaman memiliki kebutuhan sinar matahari, air, hingga suhu yang berbeda.

Salah meletakkan jenis tanaman di dalam ruangan, akan membuatnya layu hingga mati.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Harum, Cocok di Pekarangan atau di Dalam Rumah

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (4/4/2021), jika tanaman di dalam ruangan terlihat sangat layu dan seperti akan mati, cobalah enam langkah berikut untuk menghidupkan kembali tanaman Anda.

1. Ganti pot tanaman 

Gunakan campuran pot tanaman dalam ruangan berkualitas tinggi untuk merevitalisasi tanaman Anda, dan pilih pot yang lebih lebar dari yang terakhir.

Jika tanaman Anda mengalami dehidrasi, tambahkan beberapa kristal penyimpan air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pangkas tanaman

Jika terjadi kerusakan pada akarnya, rapikan kembali daunnya. Ini berarti akarnya tidak harus bekerja keras untuk menopang dedaunan dalam jumlah besar.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok di Sudut Ruang Tamu

3. Pindahkan tanaman

Apakah tanaman Anda mendapatkan terlalu banyak sinar matahari? Cari daun kering, rapuh dan bercak terang atau gelap pada daun.

Alternatifnya, jika tanaman Anda tidak mendapatkan cahaya yang cukup, daunnya akan menjadi kecil dan pucat. Pindahkan tanaman Anda ke rumah baru dengan kondisi cahaya yang lebih baik.

4. Sirami tanaman

Jika tanah sangat kering dan daunnya rapuh, tanaman mengalami dehidrasi dan membutuhkan air. Tetapi, jangan terlalu membanjiri tanah dengan air, namun sirami tanaman Anda sampai tanah terasa lembab.

Selanjutnya, rendam dalam mangkuk berisi air yang dangkal selama 10 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X