Kompas.com - 03/04/2021, 13:59 WIB
Ilustrasi memberi pupuk SHUTTERSTOCK/ENCIERROIlustrasi memberi pupuk

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian pupuk pada tanaman dapat membantu dalam pertumbuhan dan memberikan nutrisi agar tanaman lebih sehat. Tanaman yang sehat membutuhkan kombinasi elemen yang tepat.

Selain jumlah air, sinar matahari, karbon dioksida, dan oksigen yang sesuai, akar juga membutuhkan nutrisi yang tepat.

Inilah sebabnya mengapa orang memasukkan pupuk ke dalam rutinitas berkebun mereka, yang menyimpan nutrisi yang tepat dalam jumlah yang tepat untuk sebagian besar tanaman.

Baca juga: Benarkah Micin Tidak Baik Sebagai Pupuk Tanaman Aglonema?

Namun, pertanyaannya adalah kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pupuk? Apakah setelah hujan atau sebelum turun hujan?

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (3/4/2021), hujan adalah salah satu cara terbaik untuk membantu tanaman tumbuh secara alami, namun penting untuk mengetahui cara mengoordinasikan pemupukan dengan cuaca.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemupukan sebelum hujan lebat

Salah satu alasan beberapa orang ingin memberikan pupuk pada tanaman sebelum hujan deras adalah karena mereka ingin pupuk disiram dengan baik ke dalam tanah.

Tanaman membutuhkan nitrogen untuk tumbuh dengan sehat, dan curah hujan yang tinggi akan memastikan bahwa tanaman mendapatkan nitrogen dalam jumlah yang diperlukan.

Baca juga: Hindari Menggunakan 6 Bahan Dapur Ini Sebagai Pupuk Tanaman

Namun, meskipun curah hujan yang tinggi pasti menjadi pilihan terbaik, hal itu juga dapat menyebabkan pupuk tersebut terbawa ke dalam sistem air hujan, dan dengan demikian memengaruhi kualitas air badan air di komunitas Anda.

Ini dapat memiliki implikasi drastis dalam jangka panjang ke kualitas air di lingkungan Anda.

Pemupukan setelah hujan lebat

Pemupukan setelah hujan lebat juga dapat menjadi pilihan karena akan membantu meningkatkan efektifitas pemupukan di halaman atau kebun. Ini juga akan membantu mengurangi kemungkinan pupuk mengalir ke sistem air dan mencemarnya.

Namun, di sisi lain dengan menyiram tanaman setelah hujan lebat, berarti tidak akan memanfaatkan cara alami untuk memasukkan pupuk ke tanaman tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X