Kompas.com - 31/03/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu mengeluarkan cukup banyak uang untuk membeli kulkas, tetapi kulkas yang kamu beli mulai rusak dalam kurun waktu yang tak lama, mungkin perasaanmu hancur dan marah.

Ketika membeli peralatan elektronik, termasuk kulkas, siapa pun pasti tak ingin barang yang mereka miliki menjadi rusak lebih cepat. Tetapi, sebuah kerusakan pada perangkat elektronik tidak dapat diprediksi dan selalu mungkin terjadi.

Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk memperpanjang umur kulkas yang kamu miliki, bahkan membuatnya bekerja lebih baik juga.

Baca juga: 8 Makanan yang Tidak Perlu Dimasukkan ke Kulkas, Apa Saja?

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (31/3/2021), berikut ini 7 hal yang dapat membantu kulkasmu bekerja lebih baik dan tahan lama.

1. Hilangkan tekanan sistem pendingin dengan membersihkan gulungan kondensor

Luangkan waktu sesekali untuk memastikan koil kondensor atau gulungan kondensor kulkasmu berfungsi penuh. Mereka biasanya terletak di bawah kulkas, tapi terkadang bisa ditempatkan di belakang kulkas.

Koil kondensor sendiri adalah tabung logam, yang bentuknya berupa garis-garis besi yang menyatu dengan besi dengan pola grid berbentuk U panjang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inilah alasan mengapa koil kondensor perlu dan penting dibersihkan. Kulkas milikmu mendinginkan makanan dengan melewatkan zat pendingin melalui kumparan, yang menghilangkan panas.

Baca juga: 10 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Kulkas

"Jika koil kondensor kotor, mereka tidak akan menghilangkan panas secara efektif,” kata Chris Zeisler, supervisor layanan teknis di Repair Clinic, sebuah perusahaan suku cadang peralatan internasional.

“Saat serpihan kotoran dan debu menumpuk di gulungan, kinerja kulkas menjadi kurang efisien, dan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan," jelas Zeisler.

Jika gulungan sangat kotor, kulkas tidak akan dapat mempertahankan suhu yang tepat. Jadi, sekali atau dua kali setahun, pastikan untuk membersihkan koil kondensor.

Untuk urusan ini, kamu tidak perlu menjadi seorang profesional yang kewalahan, cukup cabut kulkas untuk menghindari sengatan listrik, kemudian gunakan sikat kondensor dan penyedot debu untuk menyedot kotoran di koil kondensor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X