Kompas.com - 23/03/2021, 16:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing menjadi hewan peliharaan populer di kalangan pencintannya. Hal ini dikarenakan tingkahnya yang unik dan lucu. Namun, tahukah Anda, jika ada beberapa mitos yang terkait pola makan dan tingkah laku mereka?

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (23/3/21021), berbagai mitos yang sering dilabelkan dalam hewan ini dilatarbelakangi oleh perjalanan dan sejarah kucing tersebut.

Apa saja mitos yang sebenarnya tidak benar tentang kucing? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Merawat Gigi Kucing Itu Penting, Begini Caranya

1. Susu baik untuk kucing

Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang kucing adalah bahwa mereka harus diberi susu. Faktanya adalah banyak kucing yang tidak toleran terhadap laktosa dan memberinya sepiring susu hangat kemungkinan besar akan menyebabkan kucing Anda mengalami diare yang parah.

Kucing hanya membutuhkan susu dari induknya saat sedang menyusui. Setelah mereka disapih, air seharusnya menggantikan susu sebagai makanan cairnya.

Jika Anda perlu memberi makan kucing kecil yatim piatu, selalu gunakan susu formula khusus untuk anak kucing dari dokter hewan Anda.

2. Kucing mendengkur karena bahagia

Mitos ini bisa jadi sebagian benar. Sebenarnya, tidak ada yang benar-benar tahu mengapa kucing mendengkur, tetapi karena mereka sering mendengkur saat stres, seringkali saat mereka sekarat, kemungkinan ada alasan lain selain kepuasan.

 

Baca juga: Cara Melatih Kucing agar Berhenti Tandai Wilayah dengan Urin

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa pola dan frekuensi mendengkur sebenarnya dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mempercepat penyembuhan.

Ini juga diyakini sebagai metode komunikasi antara kucing serta antara kucing dan pemiliknya.

3. Semua kucing belang tiga adalah betina

Kebanyakan kucing belang tiga memang betina. Itu karena pola bulu tiga warna dibawa oleh kromosom X, yang sangat mengurangi kemungkinan lahirnya kucing belang tiga jantan.

Namun, kucing belang tiga jantan memang hidup dalam jumlah yang sangat kecil (1 dari 3.000 anak kucing) dan biasanya steril. Kucing belang tiga, yang sering dijuluki "kucing uang", juga dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

4. Kucing selalu mendarat di atas kakinya

Karena tulang punggung dan kerangka kucing yang fleksibel, mereka biasanya dapat membetulkan dirinya sendiri jika jatuh atau melompat dari tempat yang tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.