Kompas.com - 22/03/2021, 13:18 WIB
Ilustrasi cara membersihkan kerak panci gosong pakai baking soda. SHUTTERSTOCK/MADERIAIlustrasi cara membersihkan kerak panci gosong pakai baking soda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda bukan cuma bermanfaat sebagai bahan makanan. Namun, baking soda juga merupakan bahan pembersih yang ampuh untuk membersihkan berbagai macam benda dan permukaan.

Ada banyak benda di rumah yang dapat dibersihkan dengan baking soda. Selain itu, membersihkan dengan baking soda juga akan menghilangkan bau tidak sedap yang menyebabkan ketidaknyamanan di rumah.

Dikutip dari The Spruce, Senin (22/3/2021), berikut benda-benda di rumah yang bisa dibersihkan dengan baking soda.

Baca juga: Jangan Bersihkan 7 Benda Ini dengan Baking Soda

1. Saluran air wastafel dapur

Baking soda dapat membuat perbedaan besar dalam bau dan efisiensi saluran pembuangan wastafel dapur. Coba tambahkan baking soda di bawah air panas yang mengalir untuk menyegarkan saluran pembuangan.

Baking soda juga dapat digunakan bersama air panas untuk membuka saluran pembuangan.

2. Pakaian dan mesin cuci

Menambahkan baking soda ke dalam cucian dapat membantu menyegarkan dan mencerahkan pakaian dan sepatu. Namun, baking soda juga bisa menjadi pelembut kain yang bagus jika ditambahkan ke dalam cucian.

Atau coba gunakan baking soda untuk menetralkan tumpahan yang tidak sedap. Baking soda juga merupakan bahan yang bagus untuk membersihkan mesin cuci.

Baca juga: 6 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

3. Kulkas

Coba taburkan soda kue di bagian bawah laci penyimpanan di kulkas Anda. Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda di kulkas.

Ini sangat berguna ketika seseorang menumpahkan jus atau saus ke permukaan kulkas.

4. Panci dan wajan

Coba gunakan baking soda untuk membersihkan panci dan wajan berbahan enamel maupun tembaga. Selain itu, jika Anda memiliki wajan bernoda, baking soda sangat efektif dalam menghilangkan atau setidaknya mengurangi visibilitas noda.

Wajan antilengket yang cenderung menyerap bau makanan yang dimasak juga bisa mendapatkan manfaat dari rendaman baking soda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X