Kompas.com - 20/03/2021, 16:58 WIB
ilustrasi minyak kayu putih (eucalyptus) shutterstockilustrasi minyak kayu putih (eucalyptus)

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak kayu putih dikenal karena berbagai manfaatnya untuk kesehatan kita. Manfaat minyak kayu putih antara lain bisa mengatasi gatal, hingga mengobati masuk angin dan mabuk kendaraan.

Akan tetapi, minyak kayu putih juga memiliki banyak manfaat lainnya. Minyak kayu putih bisa digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah Anda.

Ya, minyak kayu putih bisa digunakan untuk membersihkan kompor hingga menghilangkan noda. Dilansir dari Homes to Love, Sabtu (20/3/2021), berikut beberapa manfaat minyak kayu putih untuk membersihkan berbagai benda di rumah.

Baca juga: 3 Solusi Membersihkan Area Dapur

1. Tempat tidur

Minyak kayu putih bisa menyegarkan kasur, alas pelindung kasur atau duvet, serta bantal dan guling Anda. Caranya, buat larutan air dan minyak kayu putih dengan rasio 4 banding 1.

Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke kasur, duvet, bantal, serta guling. Biarkan mengering dan Anda akan mencium aroma yang menyegarkan.

2. Membersihkan noda pada karpet

Bersihkan noda pada karpet Anda dengan kain yang dibasahi minyak kayu putih. Sebelum melakukan pembersihan, uji coba dulu pada bagian kecil karpet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usapkan minyak kayu ke bagian tengah noda, dan seka dengan sangat lembut agar Anda tidak menggosoknya.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Rumah yang Salah, Justru Bikin Kotor

3. Lantai

Hilangkan bau dan bersihkan lantai Anda, baik lantai keramik maupun lantai kayu, dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke air panas, dan pel.

Jika Anda memiliki bekas lecet di dinding, minyak kayu putih juga akan menghilangkannya.

4. Kompor tanam

Kompor tanam yang digunakan setiap hari untuk memasak akan menampung minyak, kotoran, maupun sisa-sisa makanan. Ini pun bisa menciptakan bau yang kurang sedap.

Untuk memebrsihkannya, buat larutan yang terbuat dari satu gelas air, dua sendok makan minyak kayu putih, dan satu sendok teh sabun cuci piring. Masukkan ke botol semprot dan gunakan untuk membersihkan kompor.

5. Pakaian

Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke bubuk deterjen biasa Anda untuk pakaian dan handuk yang bebas kuman dan berbau harum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.