Kompas.com - 18/03/2021, 13:52 WIB
Ilustrasi wifi di rumah. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi wifi di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan internet saat ini telah membuat banyak orang memasang layanan wifi di rumahnya masing-masing.

Namun, ketika kamu memiliki sebuah wifi, ada sebuah ancaman yang bisa saja muncul, yakni pencurian akses wifi yang kamu miliki dari seseorang di luar rumah atau penghuni rumah lain yang berdekatan dengan rumahmu.

Membiarkan pihak luar mencuri wifi yang kamu punya bisa tidak nyaman dan membuat frustrasi, dan paling buruk, berbahaya bagimu dan rumah tanggamu.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Reboot Router Wifi di Rumah?

Tentu saja seseorang yang berselancar di dunia maya menggunakan wifi milikmu membuatmu merasa rugi sepenuhnya, dan ini tidak boleh dibiarkan.

Dilansir dari Reader's Digest, Kamis (18/3/2021), waspadai tanda-tanda ini yang menandakan ada tamu yang tak diundang telah berhasil masuk ke jaringan wifi milikmu.

1. Kecepatan internet lambat

Menurut Alex Hamerstone, pimpinan praktik GRC di TrustedSec, ada beberapa tanda bahwa kamu memiliki pencuri Wi-Fi, di antaranya adalah penurunan kecepatan internet.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu saja, mungkin ada banyak alasan mengapa kamu mengalami internet yang lebih lambat.

Tetapi, jika kamu secara teratur memerhatikan kecepatan Internet yang lebih lambat, atau lebih banyak buffering, kamu harus mempertimbangkan bahwa seseorang mungkin mencuri wifi milikmu.

Baca juga: 8 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Terjadi Pemadaman Listrik

2. Iklan yang tidak biasa

Salah satu keunggulan yang lebih baik atau lebih buruk dari era internet adalah munculnya banyak iklan, khususnya iklan yang sangat akurat yang muncul di hampir semua browsermu, pengingat halus bahwa aktivitasmu sedang dipantau.

Tetapi, jika kamu tiba-tiba mulai memerhatikan iklan yang ada di browsermu tampaknya tidak jelas, ini sering menjadi pertanda bahwa wifi milikmu memiliki penghuni liar.

"Pencuri Wi-Fi kemungkinan membagikan alamat IP milikmu, dan riwayat penjelajahan mereka dapat memengaruhi iklan yang muncul di browsermu saat kamu menjelajahi web,” jelas Hamerstone.

Dalam kebanyakan kasus, itu tidak hanya akan mengganggu, tetapi juga bisa berbahaya jika pencuri wifi melihat konten dewasa atau tidak pantas dari jaringanmu, yang mengarah ke iklan bertema dewasa serupa yang muncul di browser. Jika ini terjadi, kamu sebaiknya segera mengambil tindakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X