Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Tanaman Hias Indoor Dapat Melembabkan Kulit Kita?

Kompas.com - 15/03/2021, 11:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan memberikan banyak manfaat bagi penghuni rumah. Selain memberikan dekorasi rumah yang menyenangkan, tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor juga memberikan manfaat kesehatan bagi kita.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (15/3/2021), penemuan ilmiah baru-baru ini menemukan bahwa tanaman dalam ruangan dapat memurnikan udara di rumah, meningkatkan perasaan sejahtera, dan yang terbaru, tanaman dapat melembabkan kembali lingkungan yang kering.

Sebuah studi baru-baru ini tentang tanaman hias yang dilakukan oleh The Royal Horticultural Society (RHS) bekerja sama dengan Reading University dan mahasiswa PhD Curtis Gubb di Inggris.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor yang Dapat Mendinginkan Ruangan

Di dalam studi tersebut, ditemukan bahwa ada tanaman dalam ruangan tertentu yang baik untuk kulit Anda, dan membantunya tetap terhidrasi.

Penelitian menemukan bahwa bunga dan tanaman tertentu dapat melawan kekeringan kulit yang disebabkan oleh sistem pemanas dan pendingin sentral melalui proses yang disebut transpirasi.

Transpirasi adalah ketika tanaman kehilangan air melalui daunnya, dan ketika proses itu terjadi pada tanaman dalam ruangan, hasilnya adalah peningkatan kelembaban di udara dalam ruangan.

“Tanaman dalam rumah mungkin merupakan cara sederhana dan terjangkau untuk mengurangi kekeringan udara di dalam ruangan dan mengurangi gejala kulit kering, sekaligus memberikan banyak manfaat lainnya, untuk jiwa manusia dan kesehatan fisik," jelas Dr Tijana Blanusa, kepala ilmuwan hortikultura di RHS.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor Ini Bisa Redakan Stres

Jika Anda mencari beberapa tanaman hias yang dapat melawan efek pengeringan dari sistem pemanas atau pendingin pada kulit Anda, para ahli menyarankan untuk mencari tanaman dengan tingkat transpirasi tinggi, dan tanaman dengan kanopi besar.

Bunga peace lily diidentifikasi sebagai salah satu tanaman terbaik untuk tujuan tersebut, diikuti oleh ivy.

Namun demikian, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jumlah optimal kebutuhan tanaman per ruangan atau ruangan, untuk merasakan efek transpirasi yang maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com