Kompas.com - 14/03/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi ikan cupang plakat. SHUTTERSTOCK/HAPPYMAYIlustrasi ikan cupang plakat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewan peliharaan juga tidur untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Namun demikian, apakah ikan cupang juga tidur?

Dilansir dari Pet Helpful, Minggu (14/3/2021), ya, ikan cupang membutuhkan tidur agar sehat. Ikan cupang bisa tidur sambil berbaring di dasar akuarium, atau saat mengapung di permukaan air.

Ikan cupang juga mungkin beristirahat di daun tanaman, atau mereka mungkin menemukan area lain di akuarium tempat mereka bisa tertidur.

Baca juga: 6 Tanda Ikan Cupang Stres dan Cara Menanganinya

Namun, tidur ikan cupang berbeda dengan apa yang kita alami sebagai manusia. Saat ikan cupang tidur, mereka masih waspada terhadap bahaya dan mampu bereaksi terhadap ancaman dengan cukup cepat.

Dengan begitu, tidur ikan cupang lebih seperti keadaan istirahat ringan, dibandingkan dengan tidur nyenyak yang dialami oleh mamalia darat. 

Jangan khawatir jika ikan cupang Anda terlihat selalu aktif. Dia akan beristirahat saat dia membutuhkannya, mungkin di malam hari saat Anda juga sedang tidur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda mungkin bisa membuatnya tertidur jika Anda mengintip ke dalam akuarium saat lampu mati. Inilah salah satu alasan mengapa menyalakan lampu untuk akuarium ikan cupang merupakan ide yang bagus.

Baca juga: Tak Sembarangan, Begini Cara Menjemur Ikan Cupang yang Benar

Seperti yang terjadi pada manusia, siklus siang atau malam memberi ikan Anda kesempatan untuk beristirahat.

Bagaimana cara mengetahui ikan cupang sedang tidur?

Ikan cupang tidak memiliki kelopak mata, dan ikan cupang tidak pernah mengalami tidur REM yang nyenyak. Jadi, bagaimana Anda tahu kapan mereka tertidur?

Sejujurnya, sulit untuk memastikannya. Namun, ada beberapa indikasi yang mungkin mengarahkan Anda ke cupang yang tertidur.

Ikan cupang bisa tidur saat:

  • Berbaring di atas kerikil.
  • Bersembunyi di dalam dekorasi.
  • Berbaring di atas daun tanaman.
  • Terselip di antara dua dekorasi.
  • Mengambang di permukaan.
  • Berbaring miring.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.