Kompas.com - 13/03/2021, 16:44 WIB
Ilustrasi ruang tamu. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi ruang tamu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu menjadi area pertemuan antara anggota keluarga untuk berbincang dan melakukan aktivitas lainnya.

Biasanya, dalam mendekorasi ruangan, pemilik akan mengedepankan konsep yang sesuai dengan keinginan dan kepribadiannya, namun bagaimana dengan keamanan si kecil?

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (13/3/2021), sebenarnya Anda tidak harus mendekorasi seluruhnya untuk keamanan si kecil, namun ada beberapa cara untuk menyesuaikan dengan si kecil. Berikut beberapa cara untuk membuat ruang tamu ramah anak

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari di Ruang Tamu

Meja Bundar

Menghilangkan sudut tajam adalah cara yang bagus untuk membuat ruang tamu atau ruangan lain lebih aman untuk anak-anak, jadi saat berbelanja meja aksen pertimbangkan yang berbentuk bulat.

Meskipun Anda mungkin tidak ingin semua meja Anda memiliki bentuk yang sama, pertimbangkan setidaknya meja kopi bundar. Karena meja kopi biasanya berada di tengah ruangan, maka anak-anak kemungkinan besar akan terluka olehnya.

Meja dan Bangku dengan Penyimpanan

Jika Anda memiliki anak, Anda tidak akan pernah memiliki terlalu banyak penyimpanan. Jadi selipkan sedikit ekstra ke ruang tamu.

Cari meja sudut dengan laci, meja kopi dengan rak, dan bahkan bangku yang terbuka. Selain menyimpan barang-barang Anda sendiri, ada baiknya memiliki ruang ekstra untuk barang-barang yang sering digunakan anak-anak.

Baca juga: 7 Cara Praktis Menyegarkan Tampilan Ruang Tamu Tanpa Biaya Besar

Misalnya, jika anak Anda memiliki mainan, buku, atau kerajinan tertentu yang mereka gunakan setiap hari, mereka dapat menyimpannya di penghujung hari tanpa harus membawanya ke kamar tidur atau ke ruang kerja.

Anak-anak lebih mungkin untuk menjaga barang-barang mereka tetap bersih dan teratur jika itu mudah dilakukan.

Karpet

Lantai bisa terlihat bagus di beberapa ruang tamu, tetapi ada baiknya untuk memiliki karpet lembut untuk mereka duduk dan bermain. Dan yang terbaik tentang karpet adalah pilihan warna dan gaya yang beragam sehingga dapat memberikan warna pada ruangan.

Furnitur yang Nyaman

Hindari furnitur keras dengan garis-garis tajam dan cari barang yang nyaman untuk semua ukuran orang. Ini tidak berarti Anda harus mengorbankan gaya Anda, tetapi pastikan untuk menguji sofa dan kursi sebelum Anda membeli.

 

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X